Pengembangan Media Pembelajaran Komik pada Materi Mitigasi Bencana Kelas V MI/SD Menuju Sekolah Siaga Bencana

  • Ni'matuz Zuhroh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • A Zuhdi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Siti Annijat Maimunah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Ulfi Andrian Sari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengembangan penggunaan media komik dalam media mitigasi bencana tanah longsor dan mengetahui tingkat efektifitas media komik dalam materi mitigasi bencana tanah longsor di kelas V MIN 1 dan MIN 3 Kabupaten Malang menuju sekolah siaga bencana. Model pengembangan menggunakan rancangan Thiagaraja model 2D. Sedangkan desain penelitian dilakukan dengan menggunakan one grup pretest-postest desain dengan jumlah 72 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan dua kelas yaitu, kelas kontrol dan kelas eksperimen sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah uji T- test. Hasil pengembangan produk menghasilkan buku komik mitigasi tanah longsor dengan ukuran 13 cm x 18,5 cm dengan nilai kelayakan produk dari ahli materi dan ahli media dengan rata-rata penilaian sebesar 4,43 yang termasuk kedalam kategori “BAIK”. Hasil efektifitas dilakukan dengan melihat peningkatan hasil rata-rata nilai, kelas kontrol hanya mengalami sedikit peningkatan pemahaman dengan nilai rata-rata pretest 53,47 dan rata-rata posttest 75,56 sedangkan pada kelas eksperimen terjadi peningkan sebesar 28,47 poin dengan rata-rata pretest 50,97 dan rata-rata posttest 79,44. Data uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukan bahwa signifikansi sebesar 0,000.

Published
2023-02-15
How to Cite
ZUHROH, Ni'matuz et al. Pengembangan Media Pembelajaran Komik pada Materi Mitigasi Bencana Kelas V MI/SD Menuju Sekolah Siaga Bencana. Proceeding of International Conference on Engineering, Technology, and Social Sciences (ICONETOS), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-35, feb. 2023. ISSN 2715-7733. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/ICONETOS/article/view/2119>. Date accessed: 25 apr. 2024.