%A Utomo, Edy Setiyo %D 2017 %T Investigasi Proses Visualisasi Matematis: Studi Kasus Siswa Field-Independent Dalam Menyelesaikan Soal Non-Kontekstual %K %X Tujuan penelitian ini untuk investigasi proses visualisasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal non-kontekstual. Investigasi proses visualisasi matematis didasarkan pada aspek generation, inspection, scanning, dan  transformation . subjek LFI penelitian ini seorang siswa field-independent  kelas 8 yang komunikatif. Instrumen penelitian terdiri dati tes GEFT, tes visualisasi, dan pedoman wawancara. Prosedur penelitian meliputi memberikan tes visualisasi matematis berupa soal non-kontekstual, dan wawancara berbasis hasil tes. Analisis data dengan langkah kategorisasi data, reduksi data, paparan data, dan menarik simpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek LFI mengeksplorasi bentuk gambar sesuai dengan urutan kalimat. subjek LFI membayangkan posisi objek sebelum direpresentasikan. subjek LFI menetapkan strategi partisi-objek . subjek LFI menyederhanakan gambar dari objek kompleks. subjek LFI melakukan translasi objek sesuai dengan unsur awal. Terakhir, hasil investigasi proses visualisasi matematis ini sangat penting dalam pembelajaran matematika, terutama pengembangan kurikulum pada siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan soal non-kontekstual yang dihubungkan dengan gaya kognitif %U http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/127 %J Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) %0 Journal Article %P 356-362%V 1 %N 1 %8 2017-07-31