%A Susilawati, Dwi Susilawati %D 2017 %T Problematika Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa %K %X Kemampuan siswa yang dipengaruhi oleh faktor kognitif baik dari cara siswa dalam menerima informasi, menyimpan, mengolah dan membentuk informasi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pemecahan masalah matematika siswa bergaya kognitif field dependent dan field independent adapun metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dan subjek penelitian berjumlah 4 subjek yang terdiri dari 2 siswa field dependent dan field independent . Pengumpulan data yang digunakan tes matematika, wawancara dan tes GEFT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang terdapat pada siswa field dependent dalam menerima dan mengolah informasi pada masalah belum bisa memahami masalah seutuhnya dan siswa kurang mampu mengaitkan masalah dengan pengetahuan yang dimiliknya sehingga mengakibatkan hasil jawaban siswa kurang tepat secara obyek matematika langsung yaitu fakta, konsep, prinsip dan operasi matematika sedangkan siswa field independent menerima dan mengolah informasi yang ada sesuai dengan pengetahuan awal yang dimilikinya sehingga siswa menyelesaikan masalah melalui tahapan yang baik dengan pemilihan strategi, analogi yang telah dirancang sebelumnya dan obyek matematika langsung. %U http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/151 %J Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) %0 Journal Article %P 511-518%V 1 %N 1 %8 2017-07-31