%A dewi, Intan ayu sari %D 2017 %T analisis keterampilan proses pemecahan masalah matematika siswa pada model pembelajaran inquiry %K %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses pemecahan masalah matematika siswa pada model pembelajaran Inquiry . Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas VIII SMP Islam Karangploso dimana 2 siswa perempuan dan 2 siswa laki- laki. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, wawancara tak terstruktur dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry menumbuhkan keterampilan proses pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII, adapun hasil analisis menunjukkan bahwa dua siswa memiliki keterampilan proses pemecahan masalah matematika sangat baik dan dua siswa memiliki keterampilan proses pemecahan masalah matematika yang baik, hal tersebut dianalisis dari penyelesaian masalah matematika siswa yang sesuai dengan indikator keterampilan proses pemecahan masalah matematika. Indikator menyimpulkan pada penelitian ini diperoleh dari keberanian siswa saat mempresentasikan hasil jawaban, sementara indikator mengkomunikasikan diperoleh dari wawancara siswa kepada peneliti. %U http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/167 %J Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) %0 Journal Article %P 469-475%V 1 %N 1 %8 2017-07-31