%A Megawati, Siti Erum %D 2017 %T Penanaman Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Matematika %K %X UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3 disebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengemangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.  Tujuan tersebut dapat dicapai melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ektrakurikuler.  Mengingat sebagian besar penggunaan waktu di sekolah adalah pada kegiatan intrakurikuler, maka pencapaian tujuan pendidikan tersebut sebagian besar menjadi bagian tanggung jawab pemangku kegiatan intrakurikuler.  Permasalahan yang timbul adalah bagaimana membuat aktifitas dalam pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.  Untuk pelajaran Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan kemungkinan tidak mengalami kesulitan dalam merancang kegiatan tersebut karena tujuan tersebut memang bersesuaian dengan konten pembelajarannya.  Untuk pelajaran yang lainnya, khususnya Matematika diperlukan kiat khusus untuk pencapaian tujuan tersebut dan mensinergikannya dengan pencapaian konten pembelajaran Matematika.  Dalam makalah ini dibahas tentang kegiatan dalam proses pembelajaran Matematika yang dapat digunakan untuk menanamkan karakter peserta didik yang merupakan perwujudan tujuan pendidikan nasional dan yang sinergi dengan pencapaian konten pembelajaran Matematika. %U http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/387 %J Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) %0 Journal Article %P 597-600%V 1 %N 1 %8 2017-07-31