TY - JOUR AU - As’ari, Abdur Rahman PY - 2017/07/31 TI - Pembelajaran Matematika Qur’ani JF - Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami); Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami ) KW - N2 - Al Qur’an adalah petunjuk bagi semua manusia, termasuk petunjuk bagi guru matematika tentang bagaimana membelajarkan matematika. Di dalam artikel ini, penulis mencoba mengkaji tuntunan ALLAH di dalam Al Qur’an dalam membelajarkan manusia. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang qur’ani itu adalah pembelajaran yang mengembangkan daya pikir siswa. Mengingat tantangan di era global pada abad ke-21 ini kemampuan berpikir yang dituntut adalah 4Cs, maka pembelajaran matematika Qur’ani adalah pembelajaran matematika yang tidak hanya sekedar memahamkan konsep, tetapi juga membekali siswa untuk menguasai 4Cs. Sehubungan dengan itu, di dalam melaksanakan pembelajaran matematika, guru bisa saja membelajarkan 4Cs melalui infusing, immersing, atau mixed di antara keduanya. UR - http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/840