TY - JOUR AU - Nur, Fitriani AU - Amrullah, Firdaus AU - Mania, Sitti AU - Halimah, Andi PY - 2020 TI - Perbandingan Pembelajaran Student Team Achievement Division Dengan Mind Mapping Dan Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar JF - Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami); Vol 3 No 1 (2019): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami) KW - N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe  Student Team  Achievement Division (STAD) dengan Peta Pikiran ( Mind Mapping ) dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe  Student Team  Achievement Division (STAD) dengan Peta Konsep ( Concept Mapping ) pada Kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII Mts Guppi Samata pada semester genap tahun ajaran 2017-2018. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas sebanyak 48 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling . Instrumen penelitian menggunakan tes dan analisis statistik menggunakan uji indpendent simple t-test . Berdasarkan hasil analisis inferensial disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kedua model tersebut dan  hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model STAD dengan Peta Pikiran ( Mind Mapping ) lebih signifikan dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model STAD dengan Peta Konsep ( Concept Mapping ). UR - http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/930