%A Dinantika, Tutus %A Adawia, Aida %A Turmudi, Turmudi %D 2020 %T Strategi Pemecahan Masalah Siswa Matematika Ditinjau dari Gender %K %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gender. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK di SMKM Watulimo Trenggalek. Dua orang siswa dipilih sebagai subjek Yang terdiri dari 1 orang siswa perempuan dan 1 orang siswa laki-laki. Pemelihan subjek dilakukan dengan cara secara metode porposif. Dengan memepertimbangkan seluruh kategori pemecahan masalah berdasarkan penugasan awal pemecahan masalah. Data dikumpulkan melalui wawancara dan memeriksa pekerjaan siswa dari tes tulis pemecahan masalah yang telah diberikan. Data hasil wawanwacara dan pekerjaan siswa dianalisis dengan mengelompokan ke dalam dua aspek, yaitu proses dan hasil pemecahan masalah. Proses pemecahan masalah mengikuti empat tahapan pemecahan masalah polya yaitu memahami, merencanakan, menyelesaikan dan mengoreksi kembali, sedangkan hasil dikategorikan kedalam empat kategori yaitu sangat baik, baik, cukup dan kurang.  Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih unggul dalam strategi maupun kemampuan pemecahan masalah dibandingkan siswa laki-laki. %U http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/952 %J Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) %0 Journal Article %P [250-256]%V 3 %N 1 %8 2020-02-13