%A Supiarmo, M. Gunawan %A Azizah, Siti %A Putrawangsa, Susilahuddin %A Sujarwo, Imam %D 2020 %T Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis PMR pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat %K %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) pada materi operasi perkalian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian dipahami sebagai sebuah prosedur oleh siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil kerja siswa ketika diberikan masalah operasi perkalian, sebagian besar siswa menggunakan prosedur kali susun untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan. Kebiasaan siswa mengoperasikan perkalian dengan melakukan kali susun mengharuskan siswa untuk mengingat langkah-langkah prosedurnya, akibatnya siswa menyimpulkan bahwa operasi perkalian merupakan pembelajaran yang identik dengan hafalan, sehingga membuat mereka tidak termotivasi dalam belajar matematika. Oleh karena itu, peneliti mengimplementasikan pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian dengan model PMR yang terbukti dapat mengembangkan pemahaman siswa serta menjadikan pembelajaran bermakna dengan memanfaatkan realitas kehidupan sehari-hari siswa dalam belajar matematika. Penelitian dilakukan pada salah satu Sekolah Dasar Negeri di daerah Lombok Nusa Tenggara Barat dengan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah operasi perkalian dengan menggunakan konsep sifat distributif. Hal ini diketahui dari hasil observasi pembelajaran, perbandingan jawaban pre test dengan post test dan wawancara terhadap siswa. %U http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/956 %J Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) %0 Journal Article %P [277-284]%V 3 %N 1 %8 2020-02-13