TY - JOUR AU - Satiti, Wisnu Siwi AU - Verdianingsih, Eliza PY - 2020 TI - Kombinasi Scaffolding Tertulis dan Verbal Untuk Menunjang Munculnya Creative Thinking Pada Mahasiswa Calon Guru JF - Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami); Vol 3 No 1 (2019): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami) KW - N2 - Kreativitas merupakan salah satu kompetensi utama pendidikan Indonesia. Sebagai bekal karir profesional mahasiswa calon guru, penting bagi mereka untuk mengalami aktivitas matematika yang menumbuhkan berpikir kreatif ( creative-thinking ). Aspek utama creative-thinking pada matematika adalah divergent-thinking yang meliputi fluency , flexibility dan novelty/originality . Tetapi, muncul tidaknya divergent- thinking juga dipengaruhi faktor lain, yaitu isi dan bentuk tes/tugas yang diberikan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pembelajaran dengan pemberian scaffolding . Scaffolding diberikan dalam bentuk tertulis, yaitu pemberian environmental provisions dalam bentuk soal/tugas terstruktur, dan scaffolding verbal pada diskusi/dialog matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode design research . Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran yang  menyeluruh dan detil tentang bagaimana scaffolding yang telah diberikan mampu menunjang munculnya creative-thinking sesuai dengan komponen divergen-thinking . Data pada peneliti antara lain hasil kerja mahasiswa dan rekaman video pembelajaran yang menunjukkan scaffolding dalam dialog matematika. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa calon guru yang sedang menempuh matakuliah Telaah Matematika Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding yang telah diberikan membantu menumbuhkan creative-thinking pada komponen fluency dan flexibility . Dari level 0 sampai 4 pada creative-thinking, mahasiswa mampu mencapai  level 3. UR - http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/970