TY - JOUR AU - Idris, Khairiani PY - 2020 TI - Literasi Statistik Berbasis Konteks Budaya dan Keislaman: Perspektif Dosen dan Mahasiswa PTKI JF - Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami); Vol 3 No 1 (2019): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami) KW - N2 - Pembelajaran statistika dasar di perguruan tinggi seharusnya ditujukan untuk menghasilkan mahasiswa yang terdidik secara statistik, yaitu yang memiliki kemampuan mengembangkan literasi statistik. Data dan konteks yang digunakan merupakan unsur penting dalam memahami konsep literasi statistik. Oleh karena itu, pemilihan konteks yang bersesuain dengan nilai-nilai budaya dan keislaman sangat diperlukan dalam pembelajaran statistika dasar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan untuk menelaah perspektif dosen dan mahasiswa pendidikan matematika PTKI mengenai komponen-komponen penting yang dapat diintegrasikan dalam merancang materi ajar statistika yang menekankan konsep literasi statistik berbasis konteks budaya dan keislaman. Subyek penelitian terdiri dari tiga orang dosen yang berasal dari dua PTKIN dan 25 orang mahasiswa FTIK IAIN Lhokseumawe. Wawancara dengan dosen dilakukan secara tertulis dan tatap muka, sementara diskusi dengan mahasiswa dilakukan melalui 6 kelompok diskusi berbentuk Focus Group Discussions. Hasil wawancara dan diskusi tersebut dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penekanan yang sedikit berbeda antara perspektif mahasiswa dengan perspektif dosen. Dosen matematika lebih menekankan pada penanaman karakter positif, sementara mahasiswa lebih menekankan pada contoh-contoh konteks nilai-nilai budaya dan keislaman yang mereka pahami yang memungkinkan untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran statistika. UR - http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/975