Matematika Sebagai Alternatif Media Dakwah

Main Article Content

Beni Asyhar Muniri Muniri

Abstract

Dakwah bertujuan untuk mengajak ummat manusia kepada jalan yang benar (shirathal mustaqim) dan diridai Allah SWT. agar mau menerima ajaran Islam dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik yang berkaitan dengan masalah pribadi maupun sosial kemasyarakatan menuju kesejahteraan di dunia dan keselamatan di akhirat. Dakwah merupakan kewajiban bagi setiap pribadi muslim yang telah baligh dan berakal. Apapun profesi dan pekerjaan seorang muslim, tugas dakwah tidak boleh ditinggalkan, dakwah tetap harus dilakukan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki. Agar tujuan dakwah tercapai dengan baik dan menarik minat ummat dibutuhkan suatu media, yaitu segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi dakwah adalah melalui matematika. Secara teknis, konsep matematika dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi materi dakwah yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam. Sesungguhnya alam semesta ini berjalan sesuai aturan-aturan atau rumus-rumus yang telah ditetapkan Allah. Suatu perbuatan dikatakan benar jika mematuhi aturan dan dikatakan salah jika tidak mematuhi aturan. Dalam matematika sendiri aturan-aturan atau rumus-rumus dikenal dengan istilah aksioma, postulat, definisi, teorema, corollary, dan lemma yang sifatnya harus dipatuhi. Oleh karena itu, melalui kemasan materi yang terintegrasi dapat diperoleh 2 manfaat secara simultan, yaitu pemahaman terhadap konsep matematika, dan tersampaikannya nilai-nilai agama Islam.

Article Details

How to Cite
ASYHAR, Beni; MUNIRI, Muniri. Matematika Sebagai Alternatif Media Dakwah. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 335-341, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/115>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Islam and Mathematics Integration

References

[1] Abdussakir, Matematika dalam Al-Qur’an. Malang: UIN-Maliki Press, 2014.
[2] Abdusysyakir, Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN-Malang Press, 2007.
[3] Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2014.
[4] H. Ya'kub, Publistik Islam Teknik Dakwah dan Leadership. Bandung: Diponegoro, 1992.
[5] Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
[6] L. Jamaa, la-jamaa.blogspot.co.id. Desember Minggu, 2013. http://la-jamaa.blogspot.co.id/2013/12/intergrasi-islam-dan-matematika.html (accessed Desember Rabu, 2016).
[7] M. Y. Abdullah, Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur'an. Jakarta: Amzah, 2007.
[8] Marzuki, Pembinaan Karakter Mahasiswa melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: Pusat MK Universiter UNY, 2012.
[9] M. A. Aziz, Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media, 2004.
[10] Muniri, "Kontribusi Matematika dalam Konteks Fikih." TA'ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 2016: 193-214.
[11] P. Setyosari and Sihkabuden, Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas, 2005.
[12] R. Asyhar, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press, 2011.
[13] S. M. Amin, Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah, 2009.
[14] Sujono, Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988.
[15] T. Tasmara, Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997.
[16] W. Saputra, Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.