Pembelajaran STAD Berbasis IT dengan Integrasi Keislaman terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Main Article Content

Ajeng Gelora Mastuti Nurlaila Sehuwaky

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis IT dengan integrasi keislaman merupakan pembelajaran kooperatif yang menekankan pada aktivitas dan interaksi antar siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam memahami materi melalui pemanfaatan IT dengan perpaduan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMPIT Assalam Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPIT Assalam Ambon. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay, lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji-t).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD Berbasis IT dengan Integrasi Keislaman terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung kelas IX SMPIT Assalam Ambon yang ditunjukkan dengan rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 78,63 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,60. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel  yaitu 3,964 >1,66757.

Article Details

How to Cite
MASTUTI, Ajeng Gelora; SEHUWAKY, Nurlaila. Pembelajaran STAD Berbasis IT dengan Integrasi Keislaman terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [413-417], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1178>. Date accessed: 07 apr. 2020.
Section
Mathematics

References

[1] OECD. PISA 2015 Draft Science. In OECD Publishing. 2013. https://doi.org/10.1177/0022146512469014.
[2] Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006.
[3] Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). 2001. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2001), hlm 235.
[4] Ibrahim, Rachmadiarti Fida, Nur dan Ismono. Pembelajaran Kooperatif. 2004. Surabaya: Unesa.
[5] Halim, Abdul. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Di Kelas III SMP Negeri 2 Paciran Lamongan. 2005. Tesis. PPs Unesa. Hlm. 26.