Penerapan Analisis Regresi Nonlinear Kuadratik Terhadap Pengujian Toksisitas (LD50) Biopestisida Crude Extract Tembakau Pada Kutu Daun Hijau (Aphis Gossypii)

Main Article Content

Qurrotu A’yun Nafidah Suci Astutik Susi Wuryantini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pemberian dosis Biopestisida Crude Extract Tembakau dengan persen kematian hama Kutu Daun Hijau (Aphis gossypii) pada tanaman jeruk, sehingga dapat dilakukan pendugaan tingkat toksisitas dosis yang efektif (LD50) dalam mematikan hama. Metode analisis yang tepat digunakan pada permasalahan ini adalah analisis regresi nonlinear kuadratik. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dengan variabel responnya adalah persen kematian dari hama Kutu Daun Hijau (Aphis gossypii) yang disebabkan oleh pemberian dosis uji Biopestisida Crude Extraxct Tembakau. Penelitian ini dilakukan di laboratorium entomologi Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (BALITJESTRO) Kota Batu. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat dosis Biopestisida Crude Extract Tembakau memiliki hubungan nonlinear (kuadratik) dengan persen kematian hama Kutu Daun Hijau (Aphis gossypii) pada tanaman jeruk. Dari hasil analisis menggunakan metode analisis regresi kuadratik, didapatkan informasi diantaranya tingkat dosis Biopestisida Crude Extract Tembakau yang efektif untuk mematikan 50% Kutu Daun Hijau (Aphis gossypii) dalam jangka waktu 24 jam adalah sebesar 2.46%; dalam jangka waktu 48 jam adalah sebesar 0.76%; dan dalam jangka waktu 72 jam adalah sebesar 0.73%.

Article Details

How to Cite
NAFIDAH, Qurrotu A’yun; ASTUTIK, Suci; WURYANTINI, Susi. Penerapan Analisis Regresi Nonlinear Kuadratik Terhadap Pengujian Toksisitas (LD50) Biopestisida Crude Extract Tembakau Pada Kutu Daun Hijau (Aphis Gossypii). Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 3, n. 1, p. [430-436], feb. 2020. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1183>. Date accessed: 07 apr. 2020.
Section
Mathematics

References

[1] Walpole, R.E, 1993. Pengantar Statistika Edisi ke-3. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
[2] Steel, R. G. D. & Torrie, J. H. 1989. Prinsip dan Prosedur Statistika Suatu Pendekatan Biometrik. Jakarta : Gramedia.
[3] Hintze, J. L. 2007. NCSS User’s Guide I. Kausville, Utah.
[4] Berita Negara Republik Indonesia. 2014. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Pedoman Uji ToksisitasNonklinik Secara In Vivo. Jakarta : Sekretariat Negara.