Preferensi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Statistika Matematika Menggunakan Analisis Konjoin

Main Article Content

Rini Warti

Abstract

Analisis Konjoin merupakan teknik dalam analisis multivariat yang digunakan untuk mengetahui preferensi responden terhadap suatu produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kombinasi atribut (stimulus) mata kuliah Statistika Matematika yang paling disukai oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika IAIN STS Jambi dan nilai kepentingan masing-masing atribut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan memberikan kuesioner pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika IAIN STS Jambi yang mengontrak mata kuliah Statistika Matematika. Atribut yang digunakan yaitu Materi, Dosen Pengajar, Jumlah Mahasiswa, Jam Kuliah, Metode Mengajar dan Nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi atribut yang paling disukai oleh keseluruhan responden adalah materi dasar, dosen pengajar yang komunikatif, jumlah mahasiswa ≤ 30 orang dalam satu lokal, jam kuliah di pagi hari, metode mengajar dosen dengan menggunakan metode ceramah dan nilai yang diberikan dosen dengan mudah. Urutan nilai kepentingan atribut menurut responden adalah jumlah mahasiswa, selanjutnya jam kuliah, nilai yang diberikan dosen, metode mengajar dosen, dosen dan materi.

Article Details

How to Cite
WARTI, Rini. Preferensi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Statistika Matematika Menggunakan Analisis Konjoin. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 414-418, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/137>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Mathematics