Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Main Article Content
Abstract
Komunikasi matematis merupakan proses penting dalam pembelajaran matematika, siswa diharapkan dapat mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengetahui komunikasi matematis tulis siswa SMP pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Metode yang digunakan adalah metodologi pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 siswa dengan kelompok kemampuan matematika yang berbeda dengan rincian 1 siswa berkemampuan tinggi (SBT), 1 siswa berkemampuan sedang (SBS), dan 1 siswa berkemampuan rendah (SBR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki komunikasi matematis tulis yang baik. Sedangkan untuk siswa berkemampuan sedang dan rendah komunikasi matematis tulis yang kurang baik, karena belum dapat memodelkan ke bentuk kalimat matematika dengan baik serta belum dapat menggunakan simbol-simbol matematika dengan benar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.