Penerapan Algoritma Karmarkar Pada Optimasi Keuntungan (Studi Kasus Pada Produsen Roti Habibi)

Main Article Content

Agustina Pradjaningsih Taufiqi Fadhilah Amieni Abduh Riski

Abstract

Optimasi diperlukan di bidang industri yang berkaitan dengan memaksimalkan keuntungan. Permasalahan produsen dengan tingkat keuntungan, faktor produksi, dan produk yang dihasilkan produsen tersebut memiliki hubungan yang linier, dapat dimasukkan dalam model program linier pada penyelesaian permasalahan optimasi. Penyelesaian permasalahan optimasi pada penelitian ini menggunakan Algoritma Karmarkar untuk memaksimalkan keuntungan. Algoritma karmarkar dapat menyelesaikan masalah program linier dengan variabel dan kendala yang kompleks menggunakan software Matrix Laboratory (Matlab)  dengan membuat m-file. Variabel keputusan yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis produk yang dihasilkan yaitu roti coklat, roti strawberry, roti pisang, roti blueberry, roti pandan, roti keju, dan roti vanila. Fungsi kendala pada penelitian ini adalah  persediaan bahan baku masing-masing jenis produk, persediaan bahan pendukung masing-masing jenis produk, dan harga bahan pendukung masing-masing jenis produk. Model program linier pada penelitian ini dilakukan dengan simulasi program menggunakan software Matrix Laboratory (Matlab) . Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data keuntungan dan produksi dalam satu hari produksi. Pada penelitian ini diperoleh peningkatan keuntungan sebesar Rp. 34.358 dalam satu hari produksi. Hal ini menunjukkan bahwa algoritma Karmarkar dapat diterapkan pada kasus maksimasi keuntungan Produsen Roti Habibi.

Article Details

How to Cite
PRADJANINGSIH, Agustina; AMIENI, Taufiqi Fadhilah; RISKI, Abduh. Penerapan Algoritma Karmarkar Pada Optimasi Keuntungan. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 19-23, dec. 2021. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1415>. Date accessed: 14 aug. 2022.
Section
Mathematics

References

[1] Aziz, M.W.N. 2014. “Algoritma Karmarkar Untuk Menyelesaikan Masalah Program Linier Dengan Implementasi Matlab”. Skripsi. Ponorogo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
[2] Buragoran, Y. 2013. “Metode Karmarkar Untuk Menyelesaikan Masalah Program Linier”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sanata Dharma.
[3] Chong, E.K.P. and H, Zak.2000. An Introduction to Optimization (2nd ed). A Wily-Interscience Publication : John Wiley & Sons, Inc.
[4] Hiller, F.S. dan G.J. Lieberman. 2008. Introduction To Operations Research. Amerika Serikat : Stanford University.
[5] Indriani,S., dan H. Mashuri. 2013. Analisis Metode Karmarkar Untuk Menyelesaikan Masalah Program Linier. Jurnal MIPA. 36(1): 98-106.
[6] Rojali. 2008. Penerapan Metode Karmarkar Pada Komputer Untuk Optimasi Keuntungan Produksi. Jurnal Mat. Stat 8(1): 83-93.