Eksplorasi Konsep Matematika Pada Gapura Monumen Trikora di Lembeh Sulawesi Utara
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi adanya konsep matematika dalam gapura Monumen Trikora di lembeh Sulawesi Utara. Monumen tersebut merupakan bangunan sejarah untuk memperingati perjuangan tentara dan rakyat Indonesia dalam merebut kembali wilayah Irian Barat dari penjajahan Belanda. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada gapura monumen Trikora terdapat konsep matematika di antaranya konsep bangun datar persegi panjang, kekongruenan, pola barisan aritmatika tingkat satu dan dua
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] Mahuda, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Lebak Dilihat Dari Sisi Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Lebesgue, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.10
[3] Anintya, Y. A., Rochmad, R., & Mastur, Z. (2019). Representasi Matematis Bernuansa Etnomatematika dan Self Directed Learning. PRISMA, Prosiding Seminar …, 2, 899–904. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29302
[4] Arin, T., Agus, S. B., Pranowo, W. S., & Cinnawara, H. T. (2019). Status Sumberdaya Laut dan Pesisir Selat Lembeh- Bitung Sulawesi Utara.
[5] A. Naashir, M. Tuah Lubis, dan D. Y. (2018). DENTIFIKASI ETNOMATEMATIKA BATIK BESUREK BENGKULU SEBAGAI MEDIA DAN ALAT PERAGA PENYAMPAIAN KONSEP KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN. I, Vol. 16 No(2016), 267–275.
[6] Az, F., Nasiruddin, Z., Silalong, E. S., Studi, P., Matematika, P., & Bosowa, U. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Pola Barisan Dan Deret Aritmatika Pada Motif Kandaure Di Toraja. 150–156.
[7] Ramadhina, A. L., Septiana, C., & Pebrianti, M. (2021). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA KONSEP POLA BILANGAN DALAM PERMAINAN TRADISIONAL EXPLORATION OF NUMBER PATTERNS. 3, 65–69.
[8] Alasmalang, U. A. K. (n.d.). KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN PADA PERANGKAT UPACARA ADAT KEBO-KEBOAN ALAS MALANG.
[9] Azrida, Y., & Gemawati, S. (2014). Barisan Bertingkat. 978–979.