Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau Dari Disposisi Matematis Kriteria Polking

Main Article Content

Safira Chairunnisa Asep Jihad Hamdan Sugilar

Abstract

Kemampuan berpikir reflektif matematis adalah kemampuan matematis yang mampu menunjang siswa mendapatkan hasil pembelajaran lebih optimal. Untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal juga dibutuhkan sikap positif siswa seperti percaya diri, rasa ingin tahu, melakukan refleksi cara berpikir yang disebut disposisi matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis, dan kesulitan siswa menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif materi program linear. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jumlah subjek penelitian yaitu 36 siswa kelas XI IPA 2 SMAN 2 Telukjambe Timur. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir reflektif siswa mayoritas yaitu kategori rendah, sedangkan disposisi matematis siswa mayoritas pada kategori sedang. Hasil rata-rata persentase ketercapaian indikator kemampuan berpikir reflektif klasifikasi siswa disposisi kategori tinggi sebesar 30,2%, kategori disposisi sedang 16,03%, siswa kategori rendah 14,6 %. Kesulitan siswa menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif yaitu dalam  memahami soal berpikir reflektif, kesulitan membuat model matematika, serta kesulitan dalam menerapkan langkah penyelesaian dengan benar. Solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis ialah siswa diberikan berbagai soal kemampuan berpikir reflektif, serta guru menerapkan metode pembelajaran yang mendukung kemampuan berpikir reflektif matematis dan disposisi matematis.

Article Details

How to Cite
CHAIRUNNISA, Safira; JIHAD, Asep; SUGILAR, Hamdan. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau Dari Disposisi Matematis Kriteria Polking. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 66-77, dec. 2021. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1423>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

Ariany, R. L., Dahlan, J. A., & Dewanto, S.-. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences (Mi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Disposisi Matematis Siswa Smp. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(1), 1. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i1.445
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar [Analysis of Students’ Reflective Mathematical Thinking Abilities Judged From Learning Styles]. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69–82.
Jihad, A. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Cipta Persada Bandung.
Kusumaningrum, Maya; Saefudin, A. A. (2012). Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, (November), MP-571-580.
Masamah, U. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1, 1–18.
Maulidah, E., Syaf, A. H., Rachmawati, T. K., & Sugilar, H. (2020). Berpikir kritis matematis dengan kahoot. Jurnal Analisa, 6(1), 19–27. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8516
Nindiasari, H., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2014). Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Sma. Edusentris, 1(1), 80. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i1.136
Sabandar, J. (2013). Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. 1–17. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/194705241981031-JOZUA_SABANDAR/KUMPULAN_MAKALAH_DAN_JURNAL/Berpikir_Reflektif2.pdf
Shodikin, A. (2015). Strategi Abduktif-Deduktif Pada Pembelajaran Matematika Dalam Peningkatan Disposisi Siswa. Madrasah, 7(2), 22. https://doi.org/10.18860/jt.v7i2.3321
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal, 2(2), 156. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.32
Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2), 189–198. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6717
Suprianto, T., Noer, S. H., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Soal Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 72–85.