Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Limit Fungsi -
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa semester pertama pada mata kuliah Kalkulus. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nurul Jadid Probolinggo, yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dilengkapi dengan soal tes limit fungsi berdasarkan indikator pemecahan masalah dengan langkah Polya dan juga pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berkemampuan tinggi memiliki kategori baik dengan pemahaman masalah yang baik, strategi pemecahan masalah dalam menyusun pembuktian yang tepat, serta mampu menjawab dengan benar, mahasiswa berkemampuan sedang memiliki kategori cukup dengan mampu memahami masalah, menjawab dengan benar tetapi kurang tepat dalam memilih strategi pemecahan masalah dengan menggunakan pembuktian yang belum tepat, sedangkan mahasiswa berkamampuan rendah memiliki kategori kurang dengan keterbatasan dalam memahami masalah dan strategi pemecahan masalah dengan hanya menjawab soal tanpa pembuktian. Hal ini yang nantinya mendasari evaluasi dalam perbaikan pembelajaran.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[1] Husnul NRI, Nurullah M. Analisis Pemecahan Masalah Matematika Blended Learning Menggunakan Kemampuan Berpikir Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. In Jurnal Pendidikan Matematika [Internet], 2021 [cited 2021 Nov 8];7(1):26-40. Available from: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/8671 E-ISSN: 2656–4564.
[2] Siswono, Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika [Internet], 2020 [cited 2021 Nov 8], Available from: https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/889 ISBN: 978-602-5872-46-4
[3] Chang, Y. L., & Huang, Y. I. (2014). A Study of Improving Eighth Graders’ Learning Deficiency in Algebra by Applying a Realistic Context Instructional Design. International Education Studies [Internet], 2016 [cited 2021 Nov 7];7(1), 1–8. Available from: https://doi.org/10.5539/ies.v7n1p1
[4] Kristanti, N. K. H., Sudhita, I. W. R. S., & Riastini, P. N. Pengaruh Strategi REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng. In Mimbar PGSD [Internet], 2013 [cited 2021 Nov 8], Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/722/595&ved=2ahUKEwiuwrmu3JP0AhWKWX0KHf3JDUkQFnoECAQQAQ&usg=AOvVaw2Y5M-YFm8nz2lOeYJiqkh-.
[5] Fariha, Ramlah. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika [internet], 2021 [cited 2021 Nov 15]; 6(1). Available form: http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/8080 P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391.
[6] Polya, G. How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton University Press [internet], 1973 [cited 2021 Nov 15]. Available form: https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf.
[7] Purba D., Zulfadli, Lubis R. Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. In JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) [Internet], 2021 [cited 2021 Nov 15]; 4(1). Available from: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu ISSN. 2621-9832.
[8] Nugroho, AA., Dwijayanti, I. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada mata Kuliah Program Linier [internet], 2019 [cited 2021 Nov 15]; 10(2), 277-284. Available form: http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/4720 e-ISSN 2579-77646.
[9] Setiawan, E., Muhammad, GM., Soeleman, M. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Bilangan. In Jurnal Pendidikan Matematika [internet], 2021 [cited 2021 Nov 15]; 10(1), 61-72. Available form: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n6.
[10] Anwar, K. Kemampuan Pemecahan Masalah Struktur Aljabar Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Creative Problem Solving. In Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika [internet], 2018 [cited 2021 Nov 15]; 8(2). Available from: https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/5535.
[11] Sudrajat, D., Moha, I. Ragam Penelitian Kualitatif [internet], 2019 [cited 2021 Nov 15], Available form: https://doi.org/10.31227/osf.io/jaxbf
[12] Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. [internet], 2014 [cited 2021 Nov 15]. Available from: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://books.google.co.id/books%3Fid%3Dp0wXBAAAQBAJ%26printsec%3Dfrontcover%26hl%3Did&ved=2ahUKEwiyk8Oz2p_0AhVWQH0KHeS_BM4QFnoECAQQAQ&usg=AOvVaw2-_M7fxWcHRWRQ0i9YmfNs USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
[13] Manah, N.K, Isnarto, Wijayanti, K. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tahapan Polya pada Model Pembelajaran Selektif Problem Solving in Unnes Journal of Mathematics Education [internet], 2016 [cited 2021 Nov 15]; 5(2), 1-5. Available form: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lib.unnes.ac.id/28739/&ved=2ahUKEwi7jszioLT0AhX2yzgGHZ-OBu4QFnoECBUQAQ&usg=AOvVaw3AJVN0w_NgjXBwRpT8RDLe p-ISSN 2252-6927, e-ISSN 2460-5840.
[14] Samo, D.D. Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Tahun Pertama pada Masalah Geometri Konteks Budaya. In Jurnal Riset Pendidikan Pendidikan Matematika [internet], 2017 [cited 2021 Nov 15]; 4(2), 141-152. Available form: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/13470&ved=2ahUKEwjt1avNubT0AhVrH7cAHclbDwMQFnoECAUQAQ&usg=AOvVaw3I5PMwnkWBzun3-bW-NRa- ISSN 2356-2684 (print), ISSN 2477-1503 (online).
[15] Wahyuni, S. Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Limit Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Awal Mahasiswa [internet], 2018 [cited 2021 Nov 15]. Available form: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://id.scribd.com/document/391519634/Kemampuan-Pemecahan-Masalah-Dalam-Menyelesaikan-Soal-Kalkulus-Limit-Fungsi-Ditinjau-Dari-Kemampuan-AwalMahasiswa&ved=2ahUKEwj3vfWZo7T0AhXMzjgGHU5kA1EQFnoECAQQAQ&usg=AOvVaw03BhAzVlRT1PJ78Q-OZLPd.