Metode Socrates Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kegigihan Matematis Siswa

Main Article Content

Yahya Basirul Haq Yayu Nurhayati Rahayu Rahayu Kariadinata

Abstract

Adapun tujuan pada penelitian ini agar mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dilihat berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) peningkatan sikap kegigihan siswa pada penggunaan metode Socrates dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini telah dilakukan di SMPN 1 Cilograng pada kelas VIII-A serta VIII-B dengan metode kuasi eksperimen. Sedangkan hasil pada penelitian ini yaitu: (a) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada metode Socrates dengan pendekatan kontekstual dengan skor rata-rata nilai n-gain yaitu 0,59 lebih baik daripada metode konvensional yang memiliki skor n-gain yaitu 0,32; (b) Tidak terdapat perbedaan yang siginifikan pada PAM kelas metode Socrates dengan pendekatan kontekstual maupun pada kelas konvensional atas dasar pengujian anova dua jalur; (c) Terdapat peningkatan sikap kegigihan siswa pada metode Socrates dengan pendekatan kontekstual atas dasar nilai rata-rata nilai rata-rata jawaban sikap kegigihan sebelum penerapan metode Socrates yaitu 52,06 mengalami peningkatan menjadi 67,33 setelah penggunaan metode Socrates dengan pendekatan kontekstual. Maka dari itu, metode Socrates dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kegigihan siswa.

Article Details

How to Cite
HAQ, Yahya Basirul; RAHAYU, Yayu Nurhayati; KARIADINATA, Rahayu. Metode Socrates Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kegigihan Matematis Siswa. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 27-38, dec. 2021. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1435>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Ayen, a. (2014). Penerapan Pendektan Problem Centered Leraning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Lateral Dan Persistence (Kegigihan) Matematis Siswa di SMP. Tesis. UPI Bandung.
[2] Costa, L. &. (2012). Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan. Jakarta: Gramedia.
[3] Gumilar, S. (2018). Socratic Method: Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 9-13.
[4] Johnson, J. R. (2002). Meaningful Assessment: A Manageble And Cooperative Procces. Boston: Allyn & Bacon.
[5] Jones B P., M. E. (2009). Critical Thinking Skills for Education Students, Learning Matters Ltd, Great Britain.
[6] Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
[7] Kesumawati. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
[8] Lammendola, J. (2009). Teaching by Asking Directed Questions Instead of by Lecturing Socrates. Temple University.
[9] Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
[10] NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston VA : NCTM.
[11] OECD. (2014 ). What Student Know And Can Do – Student Performent In Mathematics. Reading And Science. PISA: OECD Publishing.
[12] OECD. (2016). PISA 2015 Results In Focus. New York: Columbia University .
[13] Suprapto, N. (2011). Pengaruh Metode Pembelajaran Socrates Terhadap Kecakapan Berpikir Rasional Siswa Dalam Pembelajaran Fisika di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. 3(2), 1-11.
[14] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[15] Soedjadi, R. (1994). Memantapkan Matematika Sekolah sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. Surabaya: Media Pendidikan Matematika Nasional.
[16] Shodikin, A. (2014). Penerapan Pembelaja-ran Matematika dengan Strategi Ab-duktif-Deduktif terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran, Problem Solving dan Disposisi Matematis Siswa SMP. Tesis SPs: Universitas Pendidikan Indonesia.