Pengaruh Penguasaan Materi Matematika Sekolah Menengah terhadap Efikasi Diri Mahasiswa

Main Article Content

Afifah Nur Aini

Abstract

Efikasi diri artinya keyakinan seseorang atas kemampuan dirinya ketika menyelesaikan suatu tugas sampai meraih tujuan yang diharapkan. Mahasiswa Tadris Matematika diharapkan mampu menguasai matematika sekolah sebagai salah satu indikator kompetensi profesional, sehingga berimplikasi pada efikasi diri untuk menjadi guru. Dengan demikian, akan terselenggara pembelajaran sesuai tujuan instruksional. Penelitian ini dilakukan pada 29 orang mahasiswa Prodi Tadris Matematika. Tahap pertama, diberikan tes berisi materi matematika sekolah menengah dan dilanjutkan dengan pemberian angket efikasi diri. Hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan materi dan pengaruhnya terhadap efikasi diri mahasiswa. Dari analisis hasil tes, didapatkan bahwa rerata skor sebesar 76. Sedangkan hasil analisis angket menunjukkan bahwa rerata efikasi diri mahasiswa sebesar 3,93. Artinya, mahasiswa calon guru merasa yakin menguasai materi dan menyelenggarakan pembelajaran matematika serta menjadi guru matematika yang baik. Hasil analisis kuantitatif memperlihatkan hasil bahwa penguasaan materi matematika sekolah menengah tidak berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri mahasiswa.

Article Details

How to Cite
AINI, Afifah Nur. Pengaruh Penguasaan Materi Matematika Sekolah Menengah terhadap Efikasi Diri Mahasiswa. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-6, dec. 2021. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1439>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Mathematics Education