Analisis Motivasi Belajar Matematika Saat Pembelajaran Daring Ditinjau dari Platform WhatsApp

Main Article Content

Rafly Maulana

Abstract

Semua sekolah di Indonesia melaksanakan program pembelajaran daring guna mengurangi penyebaran virus Covid19. Tidak semua siswa akan sukses dalam pembelajaran daring, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan faktor lingkungan belajar dan karakteristik siswa. Selain itu, keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh motivasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  yang bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring ditinjau dari platform WhatsApp. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa Kelas 5 SDN Gerbo IV Purwodadi, Pasuruan. Subjek penelitian tersebut diperoleh dari hasil pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi yang  berfungsi sebagai instrumen bantu dimana angket tersebut diadaptasi untuk dijadikan sebagai pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik Miles and Hiberman.

Article Details

How to Cite
MAULANA, Rafly. Analisis Motivasi Belajar Matematika Saat Pembelajaran Daring Ditinjau dari Platform WhatsApp. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 24-26, dec. 2021. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1443>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Mathematics Education