Multimedia Pembelajaran Matematika Topik Perkalian Pada Pecahan yang Didesain Melalui Aplikasi Geogebra

Main Article Content

Eyus Sudihartinih Salma Sabila Dewi Rachmatin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh multimedia pembelajaran matematika topik perkalian pada pecahan yang didesain via aplikasi Geogebra. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa multimedia pembelajaran matematika topik perkalian pada pecahan yang didesain via aplikasi Geogebra dapat dilakukan dengan baik melalui model pengembangan MDLC. Harapannya penelitian ini dapat dilanjutkan dengan melakukan uji coba pada siswa sehingga diperoleh respons siswa.

Article Details

How to Cite
SUDIHARTINIH, Eyus; SABILA, Salma; RACHMATIN, Dewi. Multimedia Pembelajaran Matematika Topik Perkalian Pada Pecahan yang Didesain Melalui Aplikasi Geogebra. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 7-12, dec. 2021. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1447>. Date accessed: 14 aug. 2022.
Section
Mathematics Education

References

Akkaya, A., Tatar, E., & Kaǧizmanli, T. B. (2011). Using dynamic software in teaching of the symmetry in analytic geometry: The case of GeoGebra. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 2540–2544. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.141
Amaliah, I., & Sudihartinih, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pecahan Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan, 4(2), 6–10.
Choi, K. S. (2010). Motivating Students in Learning Mathematics with Geogebra. Annals Computer Science, 8(2).
Dikovic, L. (2009). Implementing dynamic mathematics resources with geogebra at the college level. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 4(3), 51–54. https://doi.org/10.3991/ijet.v4i3.784
Khuzaini, N. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS3 Pembelajaran Matematika Siswa SMA Kelas X Semester II Materi Pokok Trigonometri. Jurnal AgriSains, 5(2), 192–209.
Pepin, B., Choppin, J., Ruthven, K., & Sinclair, N. (2017). Digital curriculum resources in mathematics education: foundations for change. ZDM - Mathematics Education, 49(5), 645–661.
Reis, Z. A., & Ozdemir, S. (2010). Using Geogebra as an information technology tool: Parabola teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 565–572. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.198
Saha, R. A., Ayub, A. F. M., & Tarmizi, R. A. (2010). The effects of GeoGebra on mathematics achievement: Enlightening Coordinate Geometry learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 686–693. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.095
Schmader, T., Johns, M., & Barquissau, M. (2004). The costs of accepting gender differences: The role of stereotype endorsement in women’s experience in the math domain. Sex Roles, 50(11–12), 835–850. https://doi.org/10.1023/b:sers.0000029101.74557.a0
Sudihartinih, E., & Wahyudin, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital: Studi Penggunaan Geogebra Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tatsqif, 17(1), 87–103.
Tran, T., Nguyen, N.-G., Bui, M.-D., & Phan, A.-H. (2014). Discovery Learning with the Help of the GeoGebra Dynamic Geometry Software. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 7(1), 44–57.
Yusuf, N., & Arcana, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Berbasis Smartphone Pada Materi Kubus Tingkat MTs. Matematika. UNTON: Jurnal Pendidikan, 6(2), 22–23.
Zengin, Y., Furkan, H., & Kutluca, T. (2012). The effect of dynamic mathematics software geogebra on student achievement in teaching of trigonometry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2011), 183–187. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.038