DESKRIPSI INTUISI SISWA BERDASARKAN TINGKAT IQ DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI KELAS VII SMPN 6 KEDIRI

Main Article Content

vinansia yulian anjayani

Abstract

Intuisi merupakan salah satu cara berpikir dalam masalah matematika. Sadar ataupun tidak setiap orang sering menggunakan intuisi yang dimiliki dalam memecahkan suatu masalah. Salah satunya adalah penyelesaian masalah matematika pada materi geometri. Dalam menyelesaikan masalah matematika dapat juga dipengaruhi oleh tingkat IQ yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Intuisi Siswa dengan tingkat IQ yang berbeda Kelas VII Pada Materi Geometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif diskriptip. Sebanyak 3 siswa kelas VII dipilih sebagai sampel pada tingkat IQ yang berbeda. Kemudian digolongkan dalam 3 kelompok yaitu tinggi, sedang dan rendah. Setelah itu ketiga sampel ini akan diberi tes geometri yang indikatornya disesuaikan dengan intuisi. Lalu Melalui wawancara yang mendalam akan diperoleh diskripsi intuisi siswa dalam memecahkan masalah geometri. Bersamaan dengan wawancara peneliti akan mengobservasi aktivitas siswa. Lalu data yang diperoleh akan dianalisis. Jadi intrumen dalam penelitian ini adalah tes-IQ, soal dan lembar wawancara.

Article Details

How to Cite
ANJAYANI, vinansia yulian. DESKRIPSI INTUISI SISWA BERDASARKAN TINGKAT IQ DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI KELAS VII SMPN 6 KEDIRI. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 435-441, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/145>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Anastasi,Anne dan Urbina,Susana.1998.Tes Psikologi,Psychological Testing 7e.alih bahasa : Robertus H.Imam .Jakarta: Prenhallindo
[2] Adiandari. Ade Maharini.2014.”Intuitive Decision Making: The Intuition Concept in Decision Making Process”. International Journal of Business and Behavioral Sciences Vol. 4, No.7; July 2014
[3] BSE Matematika SMP/MTS Kelas VII Kurikulum 2013. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
[4] Boeree. Dr C. George (2003). Intelijen dan IQ .Tersedia di http://webspace .ship.edu/ cgboer/ intelligence .html
[5] Effendi.UsmandanJuhaya.s.Praja.(1987).PengantarPsikologi.Bandung:Offset Angkasa
[6] Fischbein.Efraim .1999.” Intuttion And Schemata In Mathematical Reasoning”. Kluwer Academic Publishers.:Printed in the Netherlands.
[7] Fischbein.Efraim .2002.” Intuition Science And Mathematic”. Kluwer Academic Publishers New York, Boston, Dordrecht, London, Moscow
[8] Hirza.Bonita.dkk.2014. “Improving Intuttion Skills With Realistic Mathemathic Education”.IndoMS-JME:Volume 5 ,No 1, Januari 2014,pp 27-34.
[9] Hidayat,W.2014.” THE IMPLEMENTATION OF MEAs INSTRUCTION TO STUDENTS’MATHEMATICS PROBLEM SOLVING AND CONNECTING ABILITY”. Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, Yogyakarta State University, 18-20 May 2014
[10] In’am.Ahsanul.2003.”PengantarGeometri”.Malang:Bayumedia Publishing
[11] Jones, K. (2002). “Issues in the Teaching and Learning of Geometry”. In: Linda Haggarty (Ed), Aspects of Teaching Secondary Mathematics: perspectives on practice. London: RoutledgeFalmer. Chapter 8, pp 121-139. ISBN: 0-415-26641-6
[12] Khairani.Drs.H.Makmun.Psikologi Belajar.Yogyakarta:Aswaja Pressindo
[13] Marlina.Leni.2013.Penerapan Langkah Polya Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang. Jurnal Elektronik
[14] Moleong.2014.” Metodologi Penelitian Kualitatif”.Pt Remaja Rusdakarya ofsed: Bandung
[15] Nurrakhmi.Rizky. Z dan Lukito,Dr.Agung .2014.”Profil Intuisi Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Firld Dependent Dan Field Independent”. Jurnal ilmiah pendidikan matematika: Volume 3 No 3 Tahun 2014
[16] Putra.Dwi .Harry .2011.”Pembelajaran Geometri Dengan Pendekatan Savi Berbantuan Wingeom Untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMP”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1, Tahun 2011. ISBN 978-602-19541-0-2
[17] Piaget.Jean.2001.”Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget”.Kanisius: Jl. Cemapaka 9,Deresan, Jogjakarta
[18] Paramesti.Kinanti. dkk.2015.”Hitung Sendiri IQ Anda”.PT.Bentang Pustaka:Jln. Plemburan No 1Pagung
Lor ,Sleman.Yogyakarta.
[19] Fiantika, FR.2017.Representation Elements of Spatial Thinking.Surabaya:Universitas Negeri Surabaya
[20] Sujanto,Drs.Agus.1986.”Psikologi Umum”.Aksara Baru:Jakarta
[21] Sugiyono.2015.”Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”.Alfabeta.cv: Jl. Geger kalong Hilir No 84 Bandung
[22] Smith-Eugene Sadler.2006.” intuition, neuroscience, decision making and Learning.” -UK at the London School of Economics, June 23rd, 2006.
[23] Tias,A,Pratama,dkk.2015. “The contribution of intelligence quotient (IQ) on biology academic achievement of senior high school students in Medan, Indonesia”. International Journal of Educational Policy Research and Review Vol.2 (10), pp. 141-147 December, 2015 Available online at http://www.journalissues.org/IJEPRR/
[24] moleong, lexy.J. Metodologi Penelitian Kualitatif [Edisi Revisi]. Bandung: Remaja Rosdakarya.