Analysis of Problem Solving Skill in Linear Equation System of Two Variables Based on Logical Mathematical Intelligent Ang Gender Difference

Main Article Content

Ike Putri Evitasari

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan dari pembelajaran matematika dan sebagai alat utama untuk mempelajari matematika. Dengan melibatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika, dapat melatih keterampilan siswa yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika. Salah satu cara pemecahan masalah yang bisa digunakan dalam menyelesaikan masalah adalah langkah penyelesaian berdasarkan Polya. Empat langkah pokok yang harus dilakukan secara berurutan  yaitu : (1) memahami masalah, (2) menyusun rencana penyelesaian, (3) melaksanakan rencana penyelesaian), dan (4) memeriksa kembali solusi yang telah diperoleh. Langkah-langkah pemecahan masalah setiap peserta didik tentunya memiliki perbedaan. Hal ini karena peserta didik memiliki tingkat kecerdasan logis-matematis yang berbeda. Seseorang yang memiliki kecerdasan logis-matematis akan mampu membuat strategi untuk memecahkan masalah  dengan tepat, mengolah bilangan-bilangan dan menggunakan pemikiran yang berkembang dengan baik. Selain itu ada kemungkinan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah tiap siswa terutama siswa laki-laki dan siswa perempuan akan berbeda, tergantung dengan keterampilan dan tingkat intelegensi yang dimiliki. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) pada siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi, sedang dan rendah ditinjau dari gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang akan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Nganjuk. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan teknik pengambilan purposive sampling, subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-F yang terdiri dari enam subjek yaitu siswa laki-laki dengan kecerdasan logis-matematis tinggi,sedang dan rendah dan siswa perempuan dengan kecerdasan logis matematis tinggi,sedang dan rendah. Kategori tingkat kecerdasan logis matematis dilihat dari hasil tes kecerdasan logis matematis yang diberikan kepada 32 siswa calon subjek. Subjek kemudian diberikan tes kemampuan pemecahan masalah SPLDV disertai wawancara.

Article Details

How to Cite
EVITASARI, Ike Putri. Analysis of Problem Solving Skill in Linear Equation System of Two Variables Based on Logical Mathematical Intelligent Ang Gender Difference. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 617-621, nov. 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/146>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Mathematics Education