Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Tentang Operasi Hitung Matriks Di SMA Plus Darul Hikmah

Main Article Content

Hermanto Hermanto Titin Fatimah

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan PMR dengan siswa yang tidak menggunakan pendekatan PMR (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan PMR terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Plus Darul Hikmah  tentang materi operasi hitung matriks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang diguanakan adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yaitu kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol, dari setiap kelas diberikan pretest dan postest. Analisis data yang dilakukan adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan dilanjutkan uji hipotesis dengan uji paired sample t-tes menggunakan bantuan program SPSS 21. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 75.83. Hasil uji paired sample t-tes menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0.025, karena 0.025 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji paired sample t-tes dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa kelas XI tentang operasi hitung matrik di SMA Plus Darul Hikmah.

Article Details

How to Cite
HERMANTO, Hermanto; FATIMAH, Titin. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 106-110, dec. 2021. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1506>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Mathematics

References

[1] C. Febriyanti and A. Irawan, “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistik,” Delta-Pi J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 31–41, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/350.
[2] A. Luthfiani, S. Irianto, and A. Andriani, “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Bersahabat di Kelas IV SD,” JTAM | J. Teor. dan Apl. Mat., vol. 3, no. 2, p. 80, 2019, doi: 10.31764/jtam.v3i2.971.
[3] D. Santi, T. Sugiarti, and A. I. K, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP Dewi Santi 28 , Titik Sugiarti 29 , Arika Indah K 30,” Kadikma, vol. 6, no. 1, pp. 85–94, 2015.
[4] R. Yunisha, R. C. I. Prahmana, and K. I. Sukmawati, “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP,” J. Elem., vol. 2, no. 2, p. 136, 2016, doi: 10.29408/jel.v2i2.284.
[5] M. Graciella and E. Suwangsih, “Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa,” Metod. Didakt., vol. 10, no. 2, pp. 27–36, 2016, doi: 10.17509/md.v10i2.3180.
[6] E. Yusimarliah, “Yusimarliah, Pengaruh Pembelajaran Matematika ⋯ 2015,” vol. 01, no. 01, pp. 1–15, 2015.
[7] W. Lestari, “Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Anal., vol. 3, no. 1, p. 76, 2017, doi: 10.15575/ja.v3i1.1499.
[8] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
[9] N. W. Sunarthi, N. Dantes, and I. N. Tika, “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas Vi Gugus Sukawati Iii,” Progr. Stud. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2015.
[10] K. Fitriani and - Maulana, “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik,” Mimb. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 40–52, 2016, doi: 10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355.