Analisis Gaya Belajar Visual Siswa Dengan Menggunakan Media Meling Ditinjau Dari Kemampuan Matematika

Main Article Content

Dini Tiyas Larasati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar visual siswa dengan menggunakan media meling. Gaya belajar visual adalah gaya belajar siswa dengan condong pada penglihatan dan suka mengamati daripada mendengarkan informasi. Peneliti menggunakan media meling yang dibuat melalui macromedia flash player. Flash player adalah aplikasi komputer berupa tampilan pesan audio visual untuk membantu merangsang minat belajar siswa. Dengan keterkaitannya antara gaya belajar visual dengan media meling diharapkan siswa dapat lebih menguasai materi dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Subjek dipilih menggunakan kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan 2 kali pertemuan dengan menggunakan instrumen tes penempatan gaya belajar visual, lembar observasi siswa, media meling, soal evaluasi, pedoman wawancara, RPP dan silabus.

Article Details

How to Cite
LARASATI, Dini Tiyas. Analisis Gaya Belajar Visual Siswa Dengan Menggunakan Media Meling Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 622-627, nov. 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/163>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholl. 2012 .Accelered Learning For the 21th Century Cara Belajar Cepat Abad XX1.Bandung:Nuansa.
[2] Ula, Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar. Jogjakarta: Ar – Ruzz Media.
[3] Wahyono.2006. Pemanfaatan Interactive multimedia animation with Macromedia Flash in descriptive Geometry teaching. (Online) . Tersedia: http://springer.com.
[4] Shalim, Astuti. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran (Macromedia Flash) Dengan Pendekatan Kontruktivis Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Fisika Pada Konsep Gaya. (Online) . Tersedia: http://scholar.google.co.id.
[5] Nizoloman, Odual N. 2013. Relationship between mathematical ability and achievement in mathematical among female secondary school students in Bayelsa State Nigeria. (Online) . Tersedia: http://springer.com.
[6] Ghony, Djunaidi dan Fauzan Almansyur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar – Ruzz Media.
[7] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[8] Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar