Analisis Gaya Belajar Visual Siswa Dengan Menggunakan Media Meling Ditinjau Dari Kemampuan Matematika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar visual siswa dengan menggunakan media meling. Gaya belajar visual adalah gaya belajar siswa dengan condong pada penglihatan dan suka mengamati daripada mendengarkan informasi. Peneliti menggunakan media meling yang dibuat melalui macromedia flash player. Flash player adalah aplikasi komputer berupa tampilan pesan audio visual untuk membantu merangsang minat belajar siswa. Dengan keterkaitannya antara gaya belajar visual dengan media meling diharapkan siswa dapat lebih menguasai materi dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Subjek dipilih menggunakan kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan 2 kali pertemuan dengan menggunakan instrumen tes penempatan gaya belajar visual, lembar observasi siswa, media meling, soal evaluasi, pedoman wawancara, RPP dan silabus.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] Ula, Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar. Jogjakarta: Ar – Ruzz Media.
[3] Wahyono.2006. Pemanfaatan Interactive multimedia animation with Macromedia Flash in descriptive Geometry teaching. (Online) . Tersedia: http://springer.com.
[4] Shalim, Astuti. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran (Macromedia Flash) Dengan Pendekatan Kontruktivis Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Fisika Pada Konsep Gaya. (Online) . Tersedia: http://scholar.google.co.id.
[5] Nizoloman, Odual N. 2013. Relationship between mathematical ability and achievement in mathematical among female secondary school students in Bayelsa State Nigeria. (Online) . Tersedia: http://springer.com.
[6] Ghony, Djunaidi dan Fauzan Almansyur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar – Ruzz Media.
[7] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[8] Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar