Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Berpikir Statistis Materi Statistik

Main Article Content

Umi Nur Qomariyah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat  pembelajaran berorientasi berpikir statistik untuk materi statistik  pada siswa kelas sepuluh jurusan akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat  pembelajaran yang berorientasi pada berpikir statistis. Subyeknya adalah siswa kelas X-Ak SMK Negeri Jombang. Tahapan pengembangan penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi menjadi define, design dan develop. Perangkat pembelajaran terdiri dari rencana pelajaran, lembar kerja siswa, media belajar mengajar dan tes prestasi belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi alat pembelajaran, lembar kegiatan guru, lembar kegiatan siswa,angket respon siswa dan tes prestasi belajar siswa. Hasil dari instrumen tersebut dianalisis secara deskriptif untuk menjawab tujuan penelitian. Hasilnya adalah perangkat pembelajaran yang berorientasi  berpikir statistis  pada materi statistik  siswa kelas sepuluh yang telah valid. Karena perangkat pembelajaran telah direvisi berdasarkan validasi, dan setelah eksperimen di kelas menghasilkan kemampuan guru dalam mengelola kelas efektif, aktivitas siswa baik, tanggapan siswa terhadap perangkat pembelajaran positif dan valid, kepekaan dan reliabilitas. Kategori terhadap uji prestasi. Singkatnya, alat belajar mengajar ini dapat digunakan oleh guru untuk mengajarkan statistik untuk mengembangkan pemikiran statistis siswa.

Article Details

How to Cite
QOMARIYAH, Umi Nur. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Berpikir Statistis Materi Statistik. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 628-635, nov. 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/165>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Qomariyah, Oemi,2015, “Thingking Process Satitistiks on Primary School in Resolving issue Statistic”, proceding ICER 2015 (p:199). Universitas Negeri Surabaya
[2] Ben-Zvi, & Garfield, Joan. 2002. Statistical Literacy, Reasoning, anf Thinking : Goal, Definitions, and challenges. USA: University of Mineesota.
[3] delMas, R., Garfield, J., Ooms, A. and Change, B. (2007), Assessing students’ conceptual understanding after a first course in statistics. Statistics education Research Journal, 6(2), 28-58. http://www.stat.auckland .ac.nz/~iase/serj/SERJ6(2)/delMas.pdf (10 Juli 2015)
[4] Cobb, P. (1999). Individual and collective mathematical development: The case of statistical data analysis. Mathematical Thinking and Learning, 1, 5–43.
[5] Graham A. Jones, Carol A. Thornton, Cynthia W. Langrall, and Edward S. Mooney. (2002)“A Framework for Characterizing Children’s Statistical Thinking. Statistics education Research Journal, 7(3),34-52
[6] Grounlund, Norman. E.(1982). Social Work Research and Evaluation, Third Edition Illionis, FE Peacock Publishers, Inc
[7] Arikunto, (1999). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi), Bandung. Bumi Aksara
[8] R. Gurbuz, H. Catlioglu, O. Birgin, E. Erdem, Kuram ve Uygulamada Eğitim Bilimleri/Educational Sciences: Theory & Practice, 10, 1053-1068 (2010).
[9] Z. Nikiforidou, J. Pange, T. Chadjipadelis, Early Childhood Educ J., 45, 347–357 (2013).
[10] J. W. Creswell, Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approach 2nd Edition (Sage Publication, London, 2007).