Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Main Article Content

Juariah juariah

Abstract

Proses pendidikan di sekolah merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, termasuk di dalamnya peningkatan kemampuan matematis. Kemampuan komunikasi matematis siswa salah satunya dapat ditingkatkan dengan melaksanakan proses pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses matematika dalam meningkatkan kemampuan matematis siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan Disain penelitian  yang digunakan berbentuk pretest-postest-control group. Penelitian ini menganalisis pengaruh perlakuan yang sudah ada dan yang telah terjadi menurut apa adanya Penelitian semacam ini dikategorikan disain “ex post facto”. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses atau konvensional, dengan catatan peningkatan kemampuan matematis siswa pada kelompok eksperimen jauh lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan matematis siswa antara kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol.

Article Details

How to Cite
JUARIAH, Juariah. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 463-468, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/166>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Wahyudin. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran (Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon-guru Profesional). Modul Perkuliahan; 2000
[2] Napitupulu, EL. Prestasi Sains dan Matematika Menurun [Internet]. Kompas.com; 2012 Desember 14 [cited 2013 Maret 10]. Available from : http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434 Prestasi. Sains. dan.Matematika.Indonesia.Menurun.
[3] Sumarmo, U. . Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Sekolah Menengah. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika Se-Jawa Barat. Tadris Matematika Bandung: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 2006, 4 p.
[4] Baroody, A.J. Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8 Helping Children Think Mathematically. New York: Macmillan Publishing Company ; 1993, 2-107 p
[5] NCTM. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM Inc; 1989.
[6] Citrawati, R. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Keterampilan Proses dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skrpsi UPI : Tidak dipublikasikan; 2003, 5 p.
[7] Semiawan, C. et al. Pendekatan Ketrampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Grasindo; 1992, 18 p.
[8] Ruseffendi, E.T. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press; 2001 45 p, 84 p.
[9] Meltzer, E.David. “The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics : A possible :hidden variable in diagnostic pretest score”. Ammerican Association of Physics Teachers : American Journal Physics; 2002 , 70 ( (2), 1259–1268, 1260 p.
[10] Dahlan, M.D., et al. Model-Model Mengajar. Bandung: C.V.Diponegoro; 1990