analisis keterampilan proses pemecahan masalah matematika siswa pada model pembelajaran inquiry

Main Article Content

Intan ayu sari dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses pemecahan masalah matematika siswa pada model pembelajaran Inquiry. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas VIII SMP Islam Karangploso dimana 2 siswa perempuan dan 2 siswa laki- laki. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, wawancara tak terstruktur dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry menumbuhkan keterampilan proses pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII, adapun hasil analisis menunjukkan bahwa dua siswa memiliki keterampilan proses pemecahan masalah matematika sangat baik dan dua siswa memiliki keterampilan proses pemecahan masalah matematika yang baik, hal tersebut dianalisis dari penyelesaian masalah matematika siswa yang sesuai dengan indikator keterampilan proses pemecahan masalah matematika. Indikator menyimpulkan pada penelitian ini diperoleh dari keberanian siswa saat mempresentasikan hasil jawaban, sementara indikator mengkomunikasikan diperoleh dari wawancara siswa kepada peneliti.

Article Details

How to Cite
DEWI, Intan ayu sari. analisis keterampilan proses pemecahan masalah matematika siswa pada model pembelajaran inquiry. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 469-475, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/167>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Barron, B & Darling, H. L. (2008). Teaching for Meaning Learning. Powerful Learning: What We Know About Teaching and Understanding, Volume 1, 1 – 15.
[2] Novak, J. D. (2011). A Theory of Education: Meaningful Learning Underliens The Conatructive Integration Of Thinking, Feeling, and Acting Leading To Empowerment for Commitment and Responsibility. Meaningful Learning Review, 1(2).
[3] Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[4] Dewi, I. A. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Muhammadiyah Malang: Tesis
[5] Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
[6] Semiawan C. (2002). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.
[7] Widyaningtyas, R. (2010). Peranan Guru dalam Melakukan Penilaian Ketrampilan Proses. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Budaya, 1(1).
[8] Inasyah I. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di Sekolah Dasar. Jurnal FIP Universitas Negeri Surabaya, 1(2).
[9] Mutisya S, M., Too J, K., Rotich S. (2014). Performance in Science Process Skills: The Influence of Subject Specialization. Asian Journal of Social Sciences & Humanities, 3(1), ISSN: 2186-8492.
[10] Giarti, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pbl Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1(11), ISBN: 978-602-8580-19-9.
[11] Rambuda, A.M., Fraser, W. J. (2004). Perception of Teachers of The Application of Science Process Skill in The Teaching of Geography in secondary Schools in The Free State Province. South African Journal of Educationhal. 10 – 17.
[12] Wahyudi & Kriswandani. (2010). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Salatiga: UKSW.
[13] Andriani, L, Wiarta., Suadnyana. (2013). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatka Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Semester II Sd No. 2 Tibubeneng Kecamatan Kuta Utara Badung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha,Volume 1.
[14] Felder, R. M., Rugarcia, A., Stice, J. E. (2000). Process skills. Engineering Education, 34(2), 108-117.
[15] Joyce B. (2011). Models of Teaching (Model-Model Pengajaran Edisi Kedelapan). Terjemahan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[16] Mufidah, R., & Syarief, S., H. (2014). Implementation Of Inquiry Learning Model To Train 7Process Skill In Buffer Solution Matter To The XI Grade Student’s Of Sma Mazraatul Ulum Paciran Lamongan. UNESA Journal of Chemical Education, 3(2), ISSN: 2252-9454.
[17] Susilawati, D. (2017). Proses Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah Bedasarkan Gaya Kognitif Siswa. Universitas Muhammadiyah Malang: Tesis.