Model Machine Learning CART Diabetes Melitus

Main Article Content

Ria Dhea Layla Nur Karisma Bambang Widjanarko Otok

Abstract

Penyakit Diabetes secara perlahan dapat menimbulkan masalah yang dikenal dengan the silent killer. Penyakit Diabetes disebabkan oleh kerusakan pada hormon insulin Tipe penyakit Diabetes ada tiga jenis, yaitu Diabetes tipe I yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin, tipe II yang disebabkan oleh produksi hormon insulin yang berlebihan, dan Gestasional yaitu hiperglekemia yang terjadi selama kehamilan. Metode CART (Classification and Regression Tree) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk pengklasifikasian. Metode CART dapat digunakan untuk data yang memiliki skala kontinu maupun rasio. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data skunder dari penderita Diabetes Melitus tipe II dan bukan Tipe II. Variabel respon yaitu penderita Diabetes tipe II dan bukan tipe II, dengan variabel prediktor riwayat keluarga, usia, jenis kelamin, obesitas, pola makan, dan aktivitas fisik (olahraga). Faktor-faktor yang mempengaruhi penderita Diabetes Melitus menurut metode CART riwayat keluarga, obesitas, usia, dan jenis kelamin.

Article Details

How to Cite
KARISMA, Ria Dhea Layla Nur; OTOK, Bambang Widjanarko. Model Machine Learning CART Diabetes Melitus. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 485-491, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/171>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Mathematics

References

[1] Dinas Kesehatan. (2008). [Online]. Avaible: (http://www.depkes. go.id /downloads/ BULETIN%20PTM.pdf, diakses tanggal 8 Maret 2013)
[2] WHO (World Health Organitation). 2012. [Online]. Avaible: (http://www.who.int/ ,diakses tanggal 9 Oktober 2012)
[3] Lewis, M.D dan Roger, J. (2000). An Introduction to Classification and Regression Tree (CART) Analysis. Presented at the 2000 Anual Meeting of Society For Academy Emergency Medicine in San Fransisco, California [Online]. Avaible: (http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CC8QFjAA&url=hkdiakses tanggal 4 Maret 2013)
[4] Kompas. (2001). [Online] Avaible: (http://kesehatan.kompasiana.com/seksologi/2011/08/08/rendahnya-tingkat-pendidikan-dan-pengetahuan-seks-mempengaruhi-meningkatnya-kasus-inses-384853.html,diakses tanggal 27 Mei 2013)
[5] Breiman L., Friedman J.H Olshen R.A & Stone C.J. (1993). Classification and Regression Tree. New York, NY: Chapman And Hall