Implementasi Model Pembelajaran Savi dengan Mengoptimalkan Program Math Expert dalam Pembelajaran Integral

Main Article Content

Fitria Khasanah Cynthia Tri Octavianti

Abstract

Materi integral secara umum diperlukan sebagai dasar untuk mempelajari materi matematika di tingkat yang lebih tinggi seperti menghitung luas bidang datar tak beraturan dan volume dari bangun ruang yang memiliki bidang datar tak beraturan. Nilai rata-rata kalkulus 2 tahun 2015/2016 yaitu 2.73. Salah satu penyebabnya yaitu motivasi mahasiswa dalam mempelajari kalkulus 2 masih rendah. Untuk meningkatkan motivasi mahasiswa, maka diimplementasikan model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan program math expert dalam pembelajaran integral.


Penelitian tindakan kelas dilaksanakan offering A pada matakuliah kalkulus 2 tahun ajaran 2016/2017 di Universitas Wisnuwardhana Malang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik (a) tes, (b) dokumentasi, dan  (c) angket. Pada penelitian tindakan kelas ini, data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan, selama proses refleksi, sampai proses penyusunan laporan. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis interaktif, teknik analisis data mencakup (a) pengumpulan data, (b) reduksi data, dan (c) penarikan kesimpulan.


Penerapan model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan program math expert dalam pembelajaran integral dapat meningkatkan motivasi belajar matematika mahasiswa. Sebelum penerapan pembelajaran berbantuan MATH EXPERT rata-rata motivasi 65,12%, setelah penerapan pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan MATH EXPERT pada sesi 1 meningkat menjadi 70,70% dan pada sesi 2 meningkat menjadi 76,46 %.

Article Details

How to Cite
KHASANAH, Fitria; OCTAVIANTI, Cynthia Tri. Implementasi Model Pembelajaran Savi dengan Mengoptimalkan Program Math Expert dalam Pembelajaran Integral. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 636-641, nov. 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/174>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Mathematics Education

References

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Gagne, R.M., Briggs, L.J & Wager, W.W. 1988. Principles of Instruction Design, 3rd ed. New York: Saunders College Publishing.
Kemmis, S. dan MC. Taggart.R. Ed.1988. The Action Resesarch Planner. Deakin. Deakin University: Australia
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. & Rivai, A. 1992. Media Pengajaran. Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru Badung.
Ngatimin dan Sahat, 2004, http://myschoolnet.ppk.kpm.my/bhn_pnp/bs_kbsm_sej5.pdf, diakses 8 Oktober 2007).