The Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kecerdasan Majemuk Siswa Ditinjau dari Hasil Pembelajaran

Main Article Content

Ahmad Zainun Hamidi

Abstract

Pembelajaran di sekolah saat ini dirasa kurang efektif dikarenakan terjadi beberapa kendala yang terjadi, salah satunya adalah ketidaksesuaian antara metode atau cara guru menjelaskan materi terhadap kemampuan berpikir siswa. Kebanyakan guru menjelaskan sesuai dengan kecerdasan yang dimilikinya tanpa memperhatikan kecerdasan dan keahlian siswanya yang beragam. Karena pada dasarnya manusia dibekali berbagai macam kecerdasan yang berbeda yang biasa disebut kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Akibatnya, siswa jadi kurang tertarik dengan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga berdampak pada semangat belajar dan tentunya hasil belajarnya. Penelitian ini akan mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan disertai integrasi kecerdasan majemuk yang nantinya akan berfungsi untuk meningkatkan minat dan hasil pembelajaran siswa pada materi trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one-shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan eksperimen dan observasi langsung, sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket peminatan dan juga soal postest. Teknik analisis data menggunakan uji-r dengan data skor pada angket dan juga postest. Berdasarkan data yang diperoleh, ada pengaruh positif yang didapatkan ketika proses pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif group investigation yang menunjukkan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa dalam mempelajari matematika menggunakan model GI terhadap hasil pembelajaran yang diperoleh.

Article Details

How to Cite
HAMIDI, Ahmad Zainun. The Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kecerdasan Majemuk Siswa Ditinjau dari Hasil Pembelajaran. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 503-510, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/180>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Ernawati, Agustin. 2009. Pengintegrasian Kecerdasan Majemuk (multiple Intelligences) dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pokok Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 32 Surabaya. Surabaya. Skripsi Unesa.

[2] Kemenkeu. 2015. Penerapan Kecerdasan Majemuk dalam Proses Pembelajaran. Diunduh pada 13 Maret 2017 di
http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/418-artikel-soft-competency/20895-penerapan-kecerdasan-majemuk-dalam-proses-pembelajaran

[3] Usman, Fahrul. 2016. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

[4] Setyono, Ikhsan Dwi. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa. Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikam Matematika UNY.

[5] Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi.

[6] Soetjipto. 1999. Profesi Keguruan. Jakarta. Rineka Cipta.

[7] Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

[8] Creswell, John W. 2016. Research Design. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

[9] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung. Alfa Beta.