Pemahaman Konseptual dan Keterampilan Prosedural Siswa Kelas VIII Melalui Media Flash Player

Main Article Content

Lidya Fransisca Claudia

Abstract

Pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural siswa masih tergolong rendah, karena strategi pembelajaran yang tidak sesuai. Sehingga dilakukan penelitian tentang pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural siswa dengan bantuan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural siswa dengan menggunakan media pembelajaran. Pemahaman konseptual adalah pemahaman tentang suatu konsep dasar, ide yang berupa simbol, serta algoritma pada operasi dasar matematika. Pemahaman konseptual juga merupakan hubungan antara satu ide dengan ide yang lain dan mengetahui definisi yang tepat. Sedangkan, keterampilan prosedural adalah kecakapan atau kemampuan untuk melakukan suatu perhitungan dengan melakukan langkah-langkah (algoritma) yang tepat. Dengan keterkaitannya antara pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural serta penggunaan media macromedia flash player diharapkan siswa dapat memahami sebuah konsep serta keterampilan memilih langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika. Subjek dipilih menggunakan kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan 2 kali pertemuan dengan menggunakan instrumen tes yaitu soal tugas, wawancara, media pembelajaran, RPP dan silabus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural siswa termasuk pada kategori baik.

Article Details

How to Cite
CLAUDIA, Lidya Fransisca. Pemahaman Konseptual dan Keterampilan Prosedural Siswa Kelas VIII Melalui Media Flash Player. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 26-31, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/28>. Date accessed: 02 feb. 2023.
Section
Mathematics Education

References

[1] Rodgers, David L. 2005. The Effect of Instructional Media on Learner Motivation. (Online) . Tersedia: http://springer.com.
[2] Pagano, Gail. 2013. Claim 1 : Mathematics Concepts and Procedures. CSDE Assesment Literacy Workshops.
[3] Slesnick, Twila. 1982. Algorithmic Skill VS Conceptual Understanding. Educational Studies In Mathematics 13
[4] National Research Council. 2001. Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press
[5] Harper, Jonathan Lee. 2007. The Use of Computer Algebra Systems in a Procedural Algebra Course to Facilitate a Framework for Procedural Understanding. (Online) . Tersedia: http://scholar.google.co.id.
[6] Amin, Zubair dan Khoo, H. 2009. Basics In Medical Education 2nd Edition. Singapore: World Scientific Publishing.
[7] Heins, T., dan Himes, F. 2002. Creating Learning Objects With Macromedia Flash MX. (Online) . Tersedia: http://www.sciencedirect.com
[8] Garcia, dkk.. 2005. Interactive Multimedia Animation with Macromedia Flash in Descriptive Geometry Teaching. (Online) . Tersedia: http://www.sciencedirect.com.
[9] Ronda, Daniel. 2015. Prosiding Seminar Khotbah Kontemporer. Sulawesi: STTJ
[10] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta