Pemahaman Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas VIII Dalam Penyelesaian Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Main Article Content

Luluk Khamidah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural siswa dalam penyelesaian soal matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif eksplorasi. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sample. Subjek penelitian dipilih 2 siswa kelas VIII-H di SMPN 7 Kediri yang memiliki kemampuan sedang. Pengambilan data dilakukan dua kali dengan instrumen berupa soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural siswa yang memiliki kemampuan sedang masih rendah.

Article Details

How to Cite
KHAMIDAH, Luluk. Pemahaman Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas VIII Dalam Penyelesaian Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 611-616, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/297>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (Eds.). 2001. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen. Terjemahan Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[2] Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[3] Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
[4] Fiantika, F.R. 2017. Representation Elements of Spatial Thinking. Thr 3rd International Conference on Mathematics, Science and Education. IOP Journal of Physics: Conference Series Vol. 824 No.1.
[5] Hasnida, N. & Effendi, Z. 2011. Student Procedural and Conceptual understanding of Mathematics. ISSN 1991-8178. Diunduh pada 14 Juni 2016
[6] Johnson, B. R., & Schneider, M. 2012. Developing Conceptual and Procedural Knowledge of Mathematics. Oxford University Press. Diunduh pada 5 Mei 2016
[7] Khashan, K. H. 2014. Conceptual and Procedural Knowledge of Rational Numbers for Riyadh Elementary School Teachers. ISSN: 2334-296X (Print), 2334-2978 (Online). Diunduh pada 11 November 2016
[8] Nuharini, D. & Wahyuni, T. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
[9] Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[10] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[11] Suratman, D. 2010. Pemahaman Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Materi Pertidaksamaaan Linier Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP (Studi Kasus Di MTs. Ushuluddin Singkawang). Pontianak: PMIPA, FKIP, Universitas Tanjungpura. Diunduh pada 18 Januari 2016
[12] Solso, R.L., Maclin, O.H., Maclin, M.K. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga
[13] Star, J. R. & Stylianides, G. J. 2012. Procedural and Conceptual Knowledge Exploring the Gap Between Knowledge Type and Knowledge Quality. Canadian Journal of Science, Mathematics, and Technology Education 13, no. 2: 169-181. Diunduh pada 16 Mei 2016