Aplikasi Reduksi Model dengan Metode Linear Matrix Inequality pada Masalah Kualitas Air Kali Surabaya

Main Article Content

Nenik Estuningsih Fatmawati Fatmawati

Abstract

Pada realita yang banyak terjadi, sebuah sistem yang diperoleh dari suatu model matematika merupakan sistem yang berorder tinggi. Order dari sistem yang dimaksud adalah order atau dimensi dari ruang keadaan yang terbentuk sebagai realisasi lain sebuah sistem. Salah satu contoh sistem berorder tinggi adalah masalah kualitas air Kali Surabaya. Sistem berorder tinggi tersebut dapat direduksi menjadi sistem sederhana dengan order yang lebih kecil dari sistem awal dengan mempertahankan sifat-sifat sistem awal. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi sistem pada masalah air Kali Surabaya yang berorder tinggi dengan menggunakan  metode Linear Matrix Inequality. Sistem yang akan direduksi dalam keadaan stabil, bisa disetimbangkan, dan selanjutnya dilakukan reduksi, dan diperoleh bahwa sistem tereduksi yang diperoleh tetap stabil, terkendali, dan terobservasi. Diperoleh bahwa error yang terjadi akibat reduksi dengan menggunakan metode Linear Matrix Inequality adalah lebih kecil dibandingkan dengan error yang terjadi akibat reduksi dengan metode pemotongan setimbang.

Article Details

How to Cite
ESTUNINGSIH, Nenik; FATMAWATI, Fatmawati. Aplikasi Reduksi Model dengan Metode Linear Matrix Inequality pada Masalah Kualitas Air Kali Surabaya. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-40, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/31>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Mathematics

References

Arif DK, Widodo, Salmah, dan Apriliani E. Construction of the Kalman Filter Algorithm on the Model Reduction. International Journal of Control and Automation. 2014 Vol. 7, No. 9,pp.257-270.
Ebihara Y, Hagiwara T. On H_∞ Model Reduction Using LMIs. IEEE Transactions on Automatic Control. 2004, 49: 1187-1191.
Ebihara Y, Hirai Y, Hagiwara T. On H_∞ Model Reduction for Discete-Time Linear Time-Invariant Systems Using Linear Matrix Inequalities. Asian Journal of Control. 2008 Vol. 10, No. 3, pp 291-300.
Grigoriadis KM. Optimal H_∞ Model Reduction via Linear Matrix Inequalities: Continuous- and Discrete-Time Cases. Systems and Control Letters. 1995, 26: 321-333.
Khademi G, Mohammadi H, Dehghani M. Order Reduction of Linear Systems With Keeping The Minimum Phase Characteristic of The System : LMI Based Approach. Transaction of Electrical Engineering. 2015 Vol. 39, No. E2, pp 217-227.
Masduqi A, Apriliani E. Estimation of Surabaya River Water Quality Using Kalman Filter Algorithm. IPTEK, The Journal for Technology and Science. 2008 Vol. 19, No. 3, 87-91.
Sigurd S. Multivariable Feedback Control: Analysis and Design. John-Willey and Sons.2001.