Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa

Main Article Content

Rohmad - Wulyono

Abstract

Kecerdasan intelektual yang dimiliki siswa sangat penting, tetapi  kecerdasan intelektual yang di sertai dengan kecerdasan intepersonal jauh lebih penting karena dengan hal itu siswa mampu memiliki sosial dan keterampilan komunikasi. Untuk mencapai hal tersebut, tugas dan peranan guru sangatlah penting. Dalam pembelajaran, guru diharapkan mampu memilih dan menentukan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat memperoleh hasil yang baik. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan model pembelajaran yang memungkinkan berkerja sama secara kelompok dengan berdiskusi yang melibatkan semua anggota kelompoknya dengan menyampaikan pendapat  dan mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada  topik vektor.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan menguji perbedaan rata-rata hasil pretest dengan hasil postest. Rata-rata nilai postest lebih besar dibandingkan rata-rata pretest, dengn menggunakan uji t maka hipotesis ( ) diterima dan ( ) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal  siswa pada topik vektor.

Article Details

How to Cite
WULYONO, Rohmad -. Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 584-590, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/334>. Date accessed: 17 apr. 2024.
Section
Mathematics Education