Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa
Main Article Content
Abstract
Kecerdasan intelektual yang dimiliki siswa sangat penting, tetapi kecerdasan intelektual yang di sertai dengan kecerdasan intepersonal jauh lebih penting karena dengan hal itu siswa mampu memiliki sosial dan keterampilan komunikasi. Untuk mencapai hal tersebut, tugas dan peranan guru sangatlah penting. Dalam pembelajaran, guru diharapkan mampu memilih dan menentukan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat memperoleh hasil yang baik. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan model pembelajaran yang memungkinkan berkerja sama secara kelompok dengan berdiskusi yang melibatkan semua anggota kelompoknya dengan menyampaikan pendapat dan mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada topik vektor. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan menguji perbedaan rata-rata hasil pretest dengan hasil postest. Rata-rata nilai postest lebih besar dibandingkan rata-rata pretest, dengn menggunakan uji t maka hipotesis ( ) diterima dan ( ) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa pada topik vektor.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.