Berpikir Kreatif Siswa Impulsif

Main Article Content

Anis Nur Khamida Edy Bambang Irawan Hery Susanto

Abstract

Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan beragam jawaban dan ide baru dalam memandang suatu masalah. Berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh gaya kognitif. Salah satu gaya kognitif siswa adalah gaya kognitif impulsif. Siswa dengan gaya kognitif impulsif memiliki karakteristik cepat dalam merespon tetapi cenderung kurang cermat dalam memroses suatu informasi. Dalam makalah ini akan dideskripsikan berpikir kreatif siswa impulsif pada materi luas daerah bangun datar. Subyek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa impulsif yang sudah mempelajari materi luas daerah bangun datar. Selanjutnya, siswa impulsif diminta mengerjakan tes berpikir kreatif. Dari tes tersebut, diperoleh hasil bahwa berpikir kreatif siswa impulsif masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari empat aspek berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterincian. Kelancaran siswa impulsif sudah terlihat dari 5 bangun datar yang telah dibuat dengan benar. Keluwesa juga sudah muncul pada adanya tiga bentuk bangun datar berbeda yang dibuat. Aspek keaslian masih belum terlihat karena belum ada bangun datar yang tidak umum yang dibuat. Pada aspek keterincian, masih terdapat rincian yang belum ditambahkan pada bangun datar yang dibuat.

Article Details

How to Cite
KHAMIDA, Anis Nur; IRAWAN, Edy Bambang; SUSANTO, Hery. Berpikir Kreatif Siswa Impulsif. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 591-596, nov. 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/370>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Bakir, Selda & Öztekin, Esra. 2014. Creative Thinking Levels of Preservice Science Teachers in Terms of Different Variables. Journal of Baltic Science Education. 13(2): 231-242.
[2] Beers, S.Z. tanpa tahun. 21 st century skills: preparing students for their future. STEM
[3] Dornyei, Z. 2005. The Psychology of Language Learner : Individual Differences in Second Language Acquisition. NJ:Lawrence Erlbaum Associates.
[4] Haylock, D. 1997. Recognizing Mathematical Creativity in School Children. International Reviews on Mathematical Education. 29(3): 68–74.
[5] Imai, T. 2000. The influence ofovercoming fixation in mathematics towards divergent thinking in open-ended mathematics problems on Japanese junior high school students. International Journal of Mathematical Education in Science and technology. 31: 187–193.
[6] Jensen, L. R. 1973. The relationships among mathematical creativity, numerical aptitude and mathematical achievement. Disertasi tidak diterbitkan, University of Texas at Austin.
[7] Kim, H., Cho, S., & Ahn, D. 2003. Development of mathematical creative problem solving ability test for identification ofgifted in math. Gifted Education international. 18: 184–174.
[8] Lodico, Marguerite G. dkk. 2006. Methods in Educational Research: From Theory to Practice. CA: John Willey and Sons, Inc.
[9] Moreno, Roxana. 2009. Educational Psychology. New York : John Wiley & Sons.
[10] Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[11] NCTM. 2000. Principles And Standards For School Mathematics. Reston: Virginia.
[12] Philip, F. 1977. The Effect of Verbal and Material Rewards and Punisher on The Performance of Impulsive and Reflective Children. Child Study Journal. 7(2):71.
[13] Pochowski, A. 2001. Effective Practice for Gifted Education in Kansas. Kansas : Kansas Department of Education.
[14] Riding, R.J. & Al-Sanabani, S. 1998. The Effect of Cognitive Styles, Age, Gender, and Structure on the Recall of Prose Passages. International Journal of Education Research. 29: 173-183.
[15] Rosy, Mustafiva. 2015. Analisis Tahapan Proses Berpiki Kreatif Siswa dalam Mengajukan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Tesis tidak diterbitkan. Malang : Pascasarjana UM.
[16] Rozencwajg, P. & Corroyer, D. 2005. Cognitive Processes in the Reflective– Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology. 166(4): 451–463.
[17] Siswono, T. Y. E. 2005. Upaya Meningkatkan Berpikir kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. FMIPA Universitas Negeri Surabaya, Tahun X, Nomor 1. ISSN 1410-1866. Juni 2005, 1-9.
[18] Sternberg, Robert J., Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Sixth Edition. Wadsworth. USA
[19] Warli. 2009. Profil Berpikir Anak Reflektif dan Anak Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Paedagogi, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 5(2).