Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson untuk Peningkatan Keaktifan Siswa SMP Pokok Bahasan Lingkaran

Main Article Content

Lia Dwi Arinda Darsono Darsono Fenny Rita Fiantik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Peer Lesson bagi siswa SMP Kelas VIII pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, yaitu observasi keaktifan siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah proses analisis data, penyajian data,  dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Penerapan strategi pembelajaran peer lesson             pada siswa SMP pokok bahasan lingkaran dari aktivitas guru dilakukan dengan kriteria baik dengan perolehan nilai rata-rata aktivitas guru yaitu 92,85% sedangkan dari aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata keaktifan siswa yaitu 61,62% dengan kriteria cukup baik. Peningkatan keaktifan pada siswa SMP selama penerapan strategi pembelajaran peer lesson di dalam kelas diperoleh dengan kriteria cukup baik dengan perolehan nilai rata-rata peningkatan keaktifan yaitu 61,62%.

Article Details

How to Cite
ARINDA, Lia Dwi; DARSONO, Darsono; FIANTIK, Fenny Rita. Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson untuk Peningkatan Keaktifan Siswa SMP Pokok Bahasan Lingkaran. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 65-69, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/38>. Date accessed: 09 aug. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1]Hudojo, Herman. 1990. “Strategi Mengajar Belajar Matematika”. Malang: IKIP MALANG
[2]Sugiyono. 2010. “Metodologi Penelitian Bisnis”: ALFABETA
[3]Arikunto, Suharsimi. 2008. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta: Bumi Aksara
[4]Sulistyaningrum, Rinna. 2014. “Penerapan Strategi Peer Lesson untuk Peningkatan Keaktifan, Keberanian dan Pemahaman Konsep dalam Matematika pada Siswa Kelas XI TKJ2 SMK N 1 BANYUDONO TAHUN 2013/2014”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[5]Silberman, Mel. 2009. “Aktif Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif”. Yogyakarta: PUSTAKA INSAN MADANI