Literasi Statistik: Siswa SMA dalam Membaca, Menafsirkan, dan Menyimpulkan Data

Main Article Content

Moh. Hafiyusholeh I Ketut Budayasa Tatag Yuli Eko Siswono

Abstract

Pemahaman terhadap data adalah penting bagi semua lapisan masyarakat, termasuk siswa. Siswa harus memiliki kemampuan dalam memahami data agar mereka mampu bereaksi secara cerdas terhadap informasi kuantitatif di sekitar mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana siswa SMA dalam membaca, menafsirkan dan membuat simpulan dari suatu data. Untuk memperoleh gambaran tersebut, peneliti menetapkan satu siswa perempuan yang mempunyai tingkat kemampuan matematika tinggi sebagai subjek penelitian. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara berbasis tugas yang divalidasi melalui triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek perempuan yang berkemampuan matematika tinggi dalam membaca data memulai dengan memperhatikan judul grafik/diagram dan keterangan pada setiap sumbu yang diberikan, subjek menggali informasi langsung dari apa yang tertulis secara eksplisit berdasarkan grafik yang ada, memaknai dan menjelaskan titik-titik dalam grafik sebagai hubungan sumbu x terhadap sumbu y. Dalam menafsirkan dan menyimpulkan data, subjek memperhatikan pola umum dari fluktuasi data dan menggunakan tren data umum untuk memprediksi kemungkinan data yang akan datang dan menentukan nilai kenaikan atau penurunan data berdasarkan nilai rata-ratanya

Article Details

How to Cite
HAFIYUSHOLEH, Moh.; BUDAYASA, I Ketut; SISWONO, Tatag Yuli Eko. Literasi Statistik: Siswa SMA dalam Membaca, Menafsirkan, dan Menyimpulkan Data. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 79-85, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/41>. Date accessed: 09 aug. 2020.
Section
Mathematics Education

References

[1] Aoyama, K. and Stephens, M.. Graph Interpretation Aspects of Statistical Literacy: A Japanese Perspective. Mathematics Education Research Journal. 2003.Vol. 15, No. 3, 207-225
[2] Curcio, F. R. (1987). Comprehension of mathematical relationships expressed in graphs. Journal for Research in Mathematics Education, 1987. 18(5), 382-393.
[3] Darma, B.. Literasi: Jati Diri dan Eksistensi, dalam Membangun Budaya Literasi. Proseding Seminar Nasional. 2014. Surabaya: FBS Unesa
[4] Franklin, C. et al. Guidelines for Assesment and Instruction in Statistics Education (GAISE) Report: a Pre-K-12 Curriculum Framework. American Statistical Association Alexandria. 2007
[5] Gal, I. Adults' statistical literacy: Meanings, components, responsibilities. International statistical review, 2002, Vol. 70 No. 1. pp. 1-25.
[6] Kimura, S. (1999). Toukeizyouhoukyouikuno Karikyuramuto 5-dankaino Toukeitekitankyu Purosesu [Curriculum of statistics education and five phases of statistical inquiry process] (in Japanese). In Zentouken (Ed.), Toukeizyouhoukyouikuno Rironto Zyugyouzissenno Tenkai. Tsukuba Syuppankai (pp. 33-46) dalam Aoyama, K. and Stephens, M.. Graph Interpretation Aspects of Statistical Literacy: A Japanese Perspective. Mathematics Education Research Journal. 2003. Vol. 15, No. 3, 207-225
[7] Gal, I. Expanding the conceptions of statistical literacy: An analysis of products from statistics agencies. Statistics Education Research Journal, 2003. 2(1), 3-21
[8] Miles, M.B. & Huberman, A.M. Qualitative data analysis: an expanded sourcebook (2nd. Ed). London: Sage. 1994.
[9] Schagen,I., Statistical literacy is the essential skill for educational managers, Education Journal, 1998. ISSUE 98
[10] Schield, M. Statistical literacy: A new mission for data producers, Statistical Journal of the IAOS 27 (2011) 173-183
[11] Schield, M. Statistical Literacy: Thinking Critically about Statistics, Journal “Of Significance” Produced by the Association of Public Data Users. 2013. http://web.augsburg.edu/~schield/MiloPapers/ 984StatisticalLiteracy6.pdf . diakses Jum’at, 25 Oktober 2013
[12] Seifer, R.. Statistical literacy an essential competency for both producers and consumers of data. July 2009. Vol. 25, No. 7 •ISSN 1058-1073 Published online in Wiley InterScience (www.interscience.wiley.com) •DOI: 10.1002/cbl.20095
[13] UNESCO, Understandings of Literacy, Education for All Global Monitoring Report. 2006. Diaksses pada tanggal,5 Maret 2015 di http://www.unesco.org/ education/ GMR2006/full/chapt6_eng.pdf
[14] Wade, B. & Goodfellow, M. Confronting statistical literacy in the undergraduate social science curriculum, Sociological Viewpoints, Pennsylvania. 2009
[15] Watson, J.M. Is Statistical Literacy Relevant for Middle School Students?. in the Bulletin of the International Statistical Institute 54th Session. 2003. Volume LX, Book 2, Invited Papers, pp. 68-71. Berlin: ISI.
[16] Wallman, Katherine K. Enhancing Statistical Literacy: Enriching Our Society. Journal of the American Statistical Association, 1993. Vol. 88. No. 421. PP. 1-8
[17] Watson, Jane M. and Kelly, Ben A. Sample, Random and Variation: The Vocabolary of Statistical Literacy,. International Journal of Science and Mathematics Education (2008) 6: 741-767
[18] Hafiyusholeh, M. Literasi Statistik dan Urgensinya Bagi Siswa. Wahana, (2015). Vol 64, No. 1
[19] National Research Council. Adding it up: Helping children learn mathematics. (2001) Washington, D.C.: National Academy Press.