Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar siswa pada materi Trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian “ one group pre-test and post-test design”. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas X program MIA di salah satu sekolah negeri di Surabaya. Data dianalisis dengan menggunakan Uji-r. Berdasarkan hasil penelitian dapat disuimpulkan bahwasannya penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi trigonometri.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
[3] Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
[4] Usman, Uzer. 2003. Menjadi guru profesional. Bandung:Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
[5] Setiawan, dkk. 2012. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Locus of Control Terhadap Kemampuan Penalaran matematika Siswa SMP, Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, No.5 Tahun 2012, hal 152-164.
[6] Susanto, Akhmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana.
[7] Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta : Diva Press.
[8] Ma’aruf, Imam. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap minat belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah. [Disitasi 29 April 2017].
[9] Putrayasa, dkk. 2014. Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA Siswa. [disitasi 19 Mei 2017]
[10] Siagian, Roida Eva Flora. 2015. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. [disitasi 19 Mei 2017]