Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X

Main Article Content

Agil Arif Nugraha Anisa Fatwa Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar siswa pada materi Trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian  one group pre-test and post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas X program MIA di salah satu sekolah negeri di Surabaya. Data dianalisis dengan menggunakan Uji-r. Berdasarkan hasil penelitian dapat disuimpulkan bahwasannya penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi trigonometri.

Article Details

How to Cite
NUGRAHA, Agil Arif; SARI, Anisa Fatwa. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 123-127, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/48>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Depdiknas. 2006. StandarIsi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
[2] Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
[3] Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
[4] Usman, Uzer. 2003. Menjadi guru profesional. Bandung:Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
[5] Setiawan, dkk. 2012. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Locus of Control Terhadap Kemampuan Penalaran matematika Siswa SMP, Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, No.5 Tahun 2012, hal 152-164.
[6] Susanto, Akhmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana.
[7] Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta : Diva Press.
[8] Ma’aruf, Imam. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap minat belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah. [Disitasi 29 April 2017].
[9] Putrayasa, dkk. 2014. Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA Siswa. [disitasi 19 Mei 2017]
[10] Siagian, Roida Eva Flora. 2015. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. [disitasi 19 Mei 2017]