Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Main Article Content

Muhammad Tri Stio Ermawan Anisa Fatwa Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk One-Shot Case Study. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai sampel penelitian untuk diberi perlakuan dengan model pembelajaran Take and Give kemudian dilakukan observasi hasil melalui postes. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan bentuk soal uraian sebanyak 5 butir soal. Data hasil postes dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran take and give berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Article Details

How to Cite
ERMAWAN, Muhammad Tri Stio; SARI, Anisa Fatwa. Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 135-140, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/50>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Amalilah, S. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap Retensi Peserta didik dalam Tatanama Ilmiah pada Konsep Jamur (skripsi). UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
[2] Budiman. 2013. Ketuntasan Hasil Belajar Trigonometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mnemonics di Kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh. Serambi Akademika Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, Vol. I (1) Mei ISSN: 2337 – 8085 Hal. 62-71.
[3] Fadhilah, Syarifah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
[4] Hanafiah.,Nanang dan Suhana., Cucu.2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
[5] Kurniawan, A. 2011. Penerapan Metode Take and Give Berbasis Kontekstual terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Gayamdompo Kecamatan Karang Anyar tahun Pelajaran 2010/2011(skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakart, Surakarta.
[6] National Council of Teacher of Mathematics. (1989). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.
[7] National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.
[8] Negoro, Sukerno dan Wijaya, Rahmen. 2010. Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Jakarta: Pustaka Gramedia.
[9] Prayogo, Anggara. 2012. Strategi pembelajaran afektif, Inovatif, Efektif dan menyenangkan. Jakarta: Pustaka Media.
[10] Rais, Hidayati. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahapeserta didik Prodi Pendidikan Matematika STKIP YPM Bangko. Jurnal-penelitian-Hidayati-september-2015-pspmat.pdf
[11] Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan peneliti pemula. Bandung; Alfabeta.
[12] Soedjadi, R. (1994). Memantapkan Matematika Sekolah sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. Surabaya: Media Pendidikan Matematika Nasional.
[13] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.