Model Pembelajaran Model Pembelajaran Berpikir Kritis yang Terintegrasi Nilai-nilai Islami Berpikir Kritis

Main Article Content

Muhammad Nasir Asdar Dollo Buhaerah Buhaerah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research of development). Penelitian ini didesain untuk menghasilkan produk pendidikan berupa model pembelajaran berpikir kritis yang terintegrasi nilai-nilai islami. Model ini menjadi salah satu pedoman bagi guru atau tenaga pengajar untuk membelajarakan siswa berpikir kritis yang terintegrasi nilai-nilai islami. Permasalahan dalam penelitian ini, diantaranya; (1) bagaimana karakteristik model pembelajaran untuk berpikir kritis terintegrasi nilai-nilai islami?, (2) bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran untuk berpikir kritis terintegrasi nilai-nilai islami?, dan (3) bagaimanakah kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran untuk berpikir kritis terintegrasi nilai-nilai islami?.


Beberapa hasil dalam penelitian ini, diantaranya: Sintak, system social, prinsip reaksi, dan system pendukung. Adapun sintak yang dihasilkan antara lain: mengidentifikasi dan menjustiofikasi konsep, memecahkan masalah, menggeneralisasi dan menganalisis algoritma, dan membuat kesimpulan. Pada awal-awal pelaksanaan uji coba, terdapat beberapa aktivitas siswa yang membutuhkan waktu yang relative lebih lama, diantaranya: cara siswa merespon pertanyaan, memberikan komentar, dan menilai kebenaran jawaban. Namun pada uji coba berikutnya berangsur-angsur membaik hingga semua aktivitas siswa sebagian besar terlaksana/terlaksana seluruhnya. Temuan lain yang berkontribusi dalam penelitian ini, antara lain: keseriusan dan semangat guru mempelajari dan memahami secara detail tekhnis pelaksanaan model pembelajaran, dan adanya kemauan guru melakukan simulasi di kelas yang berbeda sebelum pelaksanaan uji coba pada kelas yang telah tentukan.

Article Details

How to Cite
NASIR, Muhammad; DOLLO, Asdar; BUHAERAH, Buhaerah. Model Pembelajaran Model Pembelajaran Berpikir Kritis yang Terintegrasi Nilai-nilai Islami. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 141-146, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/51>. Date accessed: 21 may 2024.
Section
Islam and Mathematics Integration

References

Aizikovitsh, E. Amit, M. In P. Brosnan, P., Erchick, D. B., & Flevares, L. (eds.) 2010. Is It Possible to Improve the Students Critical Thinking Dispositions Through Teaching a Course In Probability. Proc. 32nd Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. OH: The Ohio State University.
Arends, R. L. 2009. Classroom Instruction and Management. Edisi terjemahan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Bajracharya, I. K., B. 2010. Teaching Mathematics Through ABC Model of Critical Thinking. Mathematics Education Forum. Vol. II, issue 28, year 14, pp: 13-17. Thachal Kathmandu: Mahendra Ratan Campus.
Beagle. 1980. A Darwinian Approach to Pattern Recognition. London: Departement of Mathematics, Polytechnic of North London.
Bell, T. 1978. A New Approach to Quantum Logic. British Journal for Philosophy of Science. Vol. 37, pp: 83-99.
Broadbear, J. T. 2008. Essential Elements of Lessons Designed To Promote Critical Thinking. The Journal of Scholarship of Teaching and Learning (JoSoTL). Virgilance: Illinois State University.
Campbell, S., R. 2004. Embodied Minds and Dancing Brains: New Opportunities for Research in Mathematics Education. Canada: Faculty of Education, Simon Fraser University.
Dickerson & Doerr. 2008. International Group for the Psychology of Mathematics Education. Proceedings of the Joint Meeting of PME 32 and PMENA XXX. Centro de Investigacion the Estudios Avanzados del IPN. San Nicolás de Hidalgo: Universidad Michoacana.
Duron, R., Limbach, B., &Waugh, W. 2006. Critical Thinking Framework. In International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Vol. 17, no. 2, pp: 160-166. Virgilance: Illinois State University.
Ennis, R. H. 2007. Probable and its equivalents., Reason reclaimed. Newport News, VA: Vale Press. pp: 243-256.
Ennis, R. H. 2008. Nationwide Testing of Critical Thinking for Higher Education. Teaching Philosophy. pp: 1-26. Vigilance: University of Illinois UC.