Internalisasi Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Analogi
Main Article Content
Abstract
Internalisasi nilai-nilai positif dalam pembelajaran matematika bukanlah sesuatu yang baru. Domain afektif pembelajaran matematika menuntut adanya internalisasi nilai-nilai kepada peserta didik. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai positif dalam pembelajaran matematika adalah strategi analogi. Fakta, konsep, dan prinsip dalam matematika dapat dijadikan bahan analogi untuk menanamkan nilai-nilai keimanan dan kebaikan. Dalam makalah ini dijelaskan beberapa contoh penerapan strategi analogi untuk internalisasi nilai-nilai Islami.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdussakir. 2006. Ada Matematika dalam Al-Qur’an. Malang: UIN-Maliki Press.
Abdussakir. 2007. Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN-Maliki Press.
Abdussakir. 2009. Matematika 1: Kajian Integratif Matematika dan Al-Qur'an. Malang: UIN-Maliki Press.
Bell, Frederick H.. 1978. Teaching Learning Mathematics: In Secondary Schools. Iowa: Wm. C. Brown Company.
Bloom, B.S. and Krathwohl, D.R. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay Company, Inc.
Fajariyah, N. 2008. Cerdas Berhitung Matematika 3: Untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Handojo, B.H. 2007. Matematika Akhlak: Keajaiban Bahasa Bilangan untuk Mendidik Akhlak Mulia. Jakarta: Kawan Pustaka
Hudojo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika & Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.
Kohar, A.W. 2010. Membumikan Pendidikan Nilai Melalui Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Seminar Pendidikan Matematika. (Online) https://bangqohar.wordpress.com/2012/10/16/membumikan pendidikan-nilai-melalui-integrasinilai-islam-dalam-pembelajaranmatematika (diakses 30 April 2017)
Krathwohl, D.R., Bloom, B.S. dan Masia, B.B. 1964. Taxonomy of Educational Objectives, Book II. Affective Domain. New York: David McKay Company, Inc.
Kurniati, A. 2015. Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education. 1(1): 1-8.
La Jamaa. (2015). Integrasi Matematika dan Islam. (Online) https://syariah.iainambon.ac.id/index.php/artikel-dosen/integrasimatematika-dan-islam-dr-la-jamaamhi (diakses 30 April 2017)
Masitoch, N., Mukaromah, S., Abidin, Z. dan Julaeha, S. 2009. Gemar Matematika 3: Untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Mustoha, A., Buchori, Juliatun, E. dan Hidayah, I. 2008. Senang Matematika 2: Untuk SD/MI Kelas 2. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Nawawi, M. 1994. Nashaihul ‘Ibad. Surabaya: Daar an-Nasyr al-Mishriyah.
Nihayati. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an). Jurnal Edumath. 3(1): 65-77.
Polya, G. 1954. Mathematics and Plausible Reasoning: Induction and Analogy in Mathematics. New Jersey: Princeton University Press
Soedjadi, R. 2000. Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Suggate, J., Davis, A. & Goulding, M. 2010. Mathematical Knowledge for Primary Teachers, Fourth Edition. New York: Routledge.
Suharyanto dan Jacob, C. 2009. Matematika 3: Untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Soekadijo, G.R. 1999. Logika Dasar Tradisional, Simbolik dan Induktif. Jakarta: Gramedia
Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
Taylor, J.W., Lapat, L. & Oberholster, F. 2001. Strategies for Integrating Faith in Mathematics. Journal od Adventist Education. Summer: 9-11.
Williams, B.R. dan Dickerson, M.S. 2004. A Mathematical Analogue for a Model of the Trinity. Perspectives on Science and Christian Faith. 56 (2): 102-110.