The Pengaruh Permainan Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Main Article Content

Faruqi Zarkasi Moh. Lutfianto

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa dan siswi yang kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan matematika terhadap minat belajar siswa. Permainan matematika diharapkan bisa meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen Design dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design dengan menggunakan uji-r dengan menghitung rata-rata nilai pretest dan nilai posttest. Karena rata-rata nilai posttest lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest maka hipotesis (Ho) diterima dan (Ho) ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara permainan matematika dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
ZARKASI, Faruqi; LUTFIANTO, Moh.. The Pengaruh Permainan Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 167-172, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/56>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta. 1995.
[2] Kartono, K. Bimbingan Belajar di SMU dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 1995.
[3] Hardjana. Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius. 1998.
[4] Sakina, Riva. 2012. Inilah Jadwal Jam Kerja Organ Tubuh Manusia. (Online), (http://www.fimadani.com/inilah-jadwal-jam-kerja-organ-tubuh-manusia/), diakses 25 Maret 2017.
[5] Siagian, Roida. 2012. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif.
[6] Burais, Fitry F, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Metamatis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika. 84-94
[7] Kustiningsih. 2010. Optimalitation the Undestanding of Mathematics Content using Learning Model Barter. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika
[8] Linto, R., dkk. 2012. Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika UNP. Vol. 1, No.1 (2012) Part:2. Hal 83-87
[9] Syawiji, Kim cakhyanyo. 2009. Metode Outdoor Learning Dan Peningkatan Minat Belajar Aritmetika Sosial. DINAMIKA Vol. 9 N0.1
[10] Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Rosda Karya.
[11] Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[12] Mutakin, T.Z. dan Teti Sumiati. 2011. Pengaruh penggunaan media belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif, 1 (1): 70-81.
[13] Aritonang, K.T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil belajar. Jurnal Pendidikan Penabur. (10): 11-21.
[14] Zainuddin. 2002. Terampil Berhitung dengan Teka-teki Matematika. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran. 9(2): (99-114).
[15] Maiyuli, A. 2012. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Domino di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Agam”. Jurnal Pesona Paud. Vol 1, No 1.