Efektivitas Strategi Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Pythagoras SMP Kelas VIII Ditinjau Berdasarkan Gender

Main Article Content

Lenia Puri Rahayu

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran matematika di SMPĀ  masih dominan peran guru dalam proses belajar mengajar. Akibatnya suasana kelas masih pasif dan monoton. Dengan ini, peneliti ingin mengetahui efektivitas strategi pembelajaran flipped classroom jika digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Strategi pembelajaran flipped classroom merupakan strategi pembelajaran kelas terbalik, dimana dapat meminimalkan jumlah instruksi dari guru. Dan memanfaatkan teknologi yang menyediakan tambahan materi pembelajaran yang mendukung siswa untuk mengakses materi secara online.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan subyek penelitian siswa siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 pertemuan menggunakan instrument silabus, RPP, lembar observasi kemampuan mengajar guru, lembar observasi siswa, lembar respon siswa (angket), post test .

Article Details

How to Cite
RAHAYU, Lenia Puri. Efektivitas Strategi Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Pythagoras SMP Kelas VIII Ditinjau Berdasarkan Gender. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 173-177, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/57>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Johnson Graham Brent. 2013. Student Perception of The Flipped Classroom. Thesis
[2] Roehl Amy, dkk. 2013. The Flipped Classroom: An Opportunity To Engage Millennial Students Through Active Learning Strategies. Jurnal Internasional Flipped Classroom, JRCS-105-2-17-Roehl-Strategies#2.qxp 7/10/13 3:16 PM Page 44
[3] Sanjaya Wina, 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:Kencana Prenadamedia Group
[4] Sugiyono.2011. Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta
[5] Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prpgresif : Konsep,Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Media Group.
[6] Uliyandri Mellyta. 2014. Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII SMA Negeri Kota Bengkulu untuk Mata Pelajaran Kimia. Skripsi
[7] Ulfa Nur Fitriyana. 2014. Implementasi Strategi Flipped Classroom dalam Pembeajaran Matematika Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Surakarta. Naskah Publikasi
[8] Widoyoko.2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
[9] Kemenag.2013. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013. Jurnal, Tersedia: kemenag.go.id>file> dokumen > UU20TAHUN2013