Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Power Point VBA pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Visual Basic Application for Power point (Power point VBA) materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Selain itu juga untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika dengan Power point VBA yang layak diterapkan sebagai media pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Tahap pengembangan media pembelajaran terdiri dari: Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi untuk ahli media dan materi, angket respon guru, respon peserta didik dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa media pembelajaran matematika telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Kevalidan didasarkan pada validasi ahli media dengan skor 4.27 (sangat baik) dan validasi ahli materi yang mendapatkan skor 4.07 (baik). Kepraktisan media dilihat dari penilaian angket respon guru dengan persentase rata-rata 86.4% dengan kategori baik. Keefektifannnya dapat dilihat dari respon peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Persentase respon peserta didik sebesar 79.83% dan hasil ketuntasan belajar peserta didik sebesar 96.88%.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada; 2009. 74
[3] Asmin. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Kendala yang Muncul di Lapangan. Malang. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 044, Tahun Ke-9, September 2003
[4] Borg,W.R. and Gall, M.D. Educational Research: AnIntroduction. London: Longman, Inc; 1983
[5] Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera; 2012. 5
[6] Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka;2002
[7] Dinasari, Nugraheni Haryono. Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Koperasi Bagi Peserta didik Kelas IV SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta. (Yogyakarta: Skripsi tidak titerbitkan, 2015)
[8] Gumawang, Atang. Belajar Otodikak Word. Excel. Power Point 2010 Plus Internet. Bandung: Informatika; 2011
[9] Handayani, Izmi. dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Materi Diagram Venn Untuk Peserta didik Kelas VII SMP,(Malang: Jurnal tidak diterbitkan, 2013).
[10] Hobri. Metodologi Penelitian Pengembangan Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember : Pena Salsabila; 2010
[11] Kiswanto, Heri. Siti Maghfirotun Amin. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Komputer pada Materi Dimensi Tiga, Surabaya: Jurnal Tidak diterbitkan , Jurnal Jurusan Matematika, FMIPA, Unesa.
[12] Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama; 2011. 3
[13] Kusrini. dkk. Strategi pembelajaran matematika. Palembang. universitas terbuka press. 2014
[14] Kyriancou, Chris. Effective Teaching. Bandung: Nusa Media; 2012
[15] Maskur. Abdul halim fatani. Matematical intelligence. Ar-ruzz; 2008
[16] Razaq, Abdul. Pemograman Microsoft Vusial Basic 6.0. Surabaya: Indah Surabaya;2004
[17] Rivai, Ahmad dan Nana Sudjana. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algosindo; 2001
[18] Rohani, Ahmad. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta; 1997
[19] Sugiono. Medote Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta; 2015
[20] Susilana, Rudi. Cepi Riyana. Media Pembelajaran: HakikatPengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Cv Wacana Prima; 2009
[21] Yuswanto. Pemograman Visual Basic .Net. Jakarta: Prestasi Pustakarnya; 2006