Penerapan Model FTS-Markov Chain untuk Peramalan Cuaca di Jalur Penyeberangan Gresik-Bawean
Main Article Content
Abstract
Cuaca merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh bagi sebagian besar masyarakat. Cuaca buruk tentunya akan menghambat sebagian besar kegiatan dalam kehidupan masyarakat. Untuk mengetahui perkiraan keadaan cuaca yang akan datang, maka dapat dilakukan dengan peramalan terhadap parameter cuaca. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode FTS-Markov Chain. Metode FTS-Markov Chain ini dapat menyelesaikan nilai penyimpangan dari suatu nilai hasil prediksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil dari suatu peramalan atau prediksi cuaca di jalur penyeberangan Gresik-Bawean. Setelah itu, akan dilakukan perhitungan error dengan menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk mengetahui tingkat keakuratan dari model prediksi yang telah dibuat. Parameter cuaca yang digunakan dalam penelitian ini adalah data angin dan gelombang di tiga titik lokasi pada daerah penyeberangan Gresik-Bawean. Hasil penelitian ini dari data angin, gelombang 1, gelombang 2, dan gelombang 3 memiliki nilai MAPE yaitu 0,018 %, 0,001 %, 0,003 %, dan 0,001 % . Nilai MAPE dari masing-masing data kurang dari yang artinya model yang telah dibangun dari penelitian ini memenuhi kriteria yang sangat baik. Sehingga metode FTS-Markov Chain ini sangat baik untuk diterapkan dalam peramalan cuaca di jalur penyeberangan Gresik-Bawean. Peramalan menggunakan FTS-Markov Chain menghasilkan peramalan selama dua hari ke depan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.