Pendekatan Problem Possing tipe Within Solution Berbasis Konteks Islami Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Main Article Content

Ardita Agung Asriani Abdul Muin Kadir Kadir

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP swasta di Kota Tangerang Selatan, tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran dengan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only yang melibatkan 2 kelas sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen diterapkan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami dan kelas kontrol diterapkan pendekatan konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran problem posing tipe within solution berbasis konteks islami lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t memberikan hasil yang sangat signifikan, dengan nilai signifikansi 0,0065 < 0,05 (taraf signifikansi yang ditetapkan). Pengujian yang didasarkan pada nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 62,23 memberikan nilai kuasa uji sebesar 0,712. Hal ini menyatakan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas dengan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami sebesar 62,23 menunjukkan nilai yang lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas dengan pendekatan konvensional.

Article Details

How to Cite
ASRIANI, Ardita Agung; MUIN, Abdul; KADIR, Kadir. Pendekatan Problem Possing tipe Within Solution Berbasis Konteks Islami Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 221-228, july 2017. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/73>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Undang-Undang RI No. 20 thn 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
[2] Erman, Suherman. dkk (2001), “Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer”, Bandung: JICA-UPI.
[3] NCTM (2000), Principles and Standards for School Mathematics, Reston: NCTM.
[4] Linto, Rendya Logina, dkk, Kemampuan Koneksi matematis dan metode pembelajaran Quantum teaching dengan peta pikiran. (Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1, 2012
[5] Edward. A Silver (1994). On Mathematical Problem Posing”. For Learning of Mathematics. FL M Publishing Association, Vancouver. (British Columbia, Canada).
[6] Pittalis, M., Christou, C., etc (2004). “A Structural Model For Problem Posing”. Procceding of the 28th Conference of the Internasional Group for the Psychology of Mathematics education, Vol. 44.
[7] Stephen I. Brown & Marion I. Walter (2005). The Art Of Problem Posing. London: Lawrence Erlbaum Associates.
[8] Kadir (2011). “Implementasi PendekatanPembelajaran Problem Posing dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17.
[9] Thobani, Muhammad & Arif Mustofa (2011), “Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional”, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media)
[10] Nana Syaodih Sukma dinata (2012), Metode Penelitian Pendidikan, B andung: Remaja Rosdakarya, Cet. VIII.
[11] Khasanah, Absari Nur (2013). Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Problem Posing Type Within Solution Posing Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jogjakarta: Jurnal Nasional. Vol II.